PANTAI CARNAVAL ANCOL, WISATA ALAM

Pantai Carnaval merupakan bagian dari kawasan rekreasi terpadu Taman Impian Jaya Ancol. Pantai tersebut sudah menjadi tempat rekreasi masyarakat sejak tiga puluh tahun lalu. Selain berwisata, masyarakat sekitar sering memanfaatkan lokasi tepi laut tersebut untuk berolahraga. Suasana yang bersih dan rindang membuat tempat itu cocok untuk menghabiskan waktu dengan berjalan kaki atau jogging di sambil menikmati suasana pantai.

Sebagai lokasi wisata, Pantai Carnaval memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Mushola, tempat parkir luas, serta sarana umum lain dapat dengan mudah ditemukan di sana. Kawasan wisata itu juga merupakan tempat favorit untuk menyelenggarakan berbagai event terutama konser musik. Ya, pantai itu memang dilengkapi dengan panggung untuk menggelar kegiatan berskala besar. Apalagi di sana dapat menampung hingga enam ribu pengunjung. Momentpergantian tahun pun selalu dilaksanakan dengan meriah di Pantai Carnaval Ancol.

Selain acara tahun baru, Pantai Carnaval memiliki agenda rutin tahunan yang berkaitan dengan layang-layang. Kegiatan yang diberi nama Festival Layang-Layang Internasional Jakarta tersebut merupakan bagian dari perayaan ulang tahun Jakarta. Selain diikuti oleh peserta dalam negeri, acara itu juga diikuti oleh pecinta layang-layang dari mancanegara seperti Jerman, Prancis, Belanda, Brazil, Korea, Jepang, Australia, Singapura, dan Malaysia.

Pantai Carnaval juga pernah digunakan untuk acara mudik gratis dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Tercatat ada 10 ribu warga yang memanfaatkan acara mudik gratis yang bertemakan 'Mudik Bareng Guyub Rukun 'tahun 2017 . Sebanyak 231 armada bus diberangkatkan dimana   dalam satu bus  memiliki kapasitas penumpang sebanyak 45 kursi. Ini sebagai bentuk upaya Kemenhub RI dalam mencegah bertambahnya angka kecelakaan di jalan saat mudik lebaran  . Rute-rute ke berbagai wilayah di Pulau Jawa, antara lain Semarang, Kebumen, Magelang, Wonogiri dan Wonosobo, Yogyakarta serta Tegal

Ajang tahunan lain yang dapat dinikmati adalah perayaan HUT Kemerdekaan RI. Beberapa kali pantai di Ancol itu bahkan dianugerahi penghargaan Museum Rekor Indonesia karena sukses menyelenggarakan lomba panjat pinang terbesar di tanah air. Pada tahun 2018 lomba panjat pinang kolosal diselenggarakan dengan jumlahnya lebih banyak dari tahun sebelumnya  yaitu 188 batang pohon pinang. Semua batang pohon memiliki beragam hadiah senilai Rp 1,5 juta per batang. Lomba ini  berlangsung mulai pukul 14.00 WIB di Pantai Carnaval. Masing-masing batang pohon akan diperbutkan oleh 2 tim dengan jumlah 4 orang per-tim nya.