Pameran Sejarah Asian Games Di Museum Nasional, Festival

Sejarah Asian Games dimulai dari digelarnya Asian Games pertama pada tahun 1951 di New Delhi, India dan pertama kali di Indonesia pada tahun 1962. Tahun 1962, tercatat sebagai Asian Games pertama bagi Indonesia sebagai tuan rumah. Perhelatan yang berlangsung 24 Agustus sampai dengan 4 September 1962 dibuka secara resmi oleh Presiden Soekarno di Stadion Gelora Bung Karno. Diikuti 1.460 atlet yang mewakili 17 NOC Asia, multi event ini menampilkan 13 cabang olahraga; atletik, akuatik (renang, loncat indah, dan polo air), bola basket, tinju, balap sepeda (jalan raya dan trek), hoki, sepak bola, menembak, tenis meja, tenis, bola voli, dan gulat. Asian Games 1962 ini memperebutkan 372 medali emas. Sebagai bangsa Indonesia patut berbangga pada keikut sertaannya di tahun 1962 dan Indonesia berhasil duduk diperingkat 2 dengan raihan 52 medali setelah Jepang.

Rakyat berharap Indonesia bisa kembali mengukir sejarah terbaiknya di gelanggang Asian Games tahun 2018, dukungan mengalir dari setiap warga negara, instansi, komunitas dan elemen masyarakat lainnya.

Asian Games ke 18 secara resmi dibuka pada tanggal 18 Agustus 2018 pukul 19.00 WIB, gegap gempita masyarakat dalam menyambut Asian Games mulai terlihat di seluruh Jakarta. Asian Games merupakan perhelatan akbar olahraga di Asia setelah pada tahun 1962 Indonesia menjadi tuan rumah, tahun 2018 Indonesia kembali dipercaya menjdi tuan rumah Asian Games ke 18 yang akan melibatkan dua kota sebagai penyelenggara yaitu Jakarta dan Palembang.

Dalam rangka meramaikan pesta Olahraga Asia ini, Museum Nasional memamerkan koleksi sejarah Asian Games 1962, di mana Indonesia menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya.  Koleksi sejarah Asian Games yang dipamerkan berupa foto, majalah, dan surat kabar sejaman, perangko dan  benda memorabilia berupa souvenir Asian Games ke-IV tahun 1962.

Pameran Sejarah Asian Games di Museum Nasional mengusung tema “Olahraga dan Pembangunan Etos Bangsa, Energi yang Tak Pernah Padam”, berlangsung mulai 18 -28 Agustus 2018.

Pameran yang dihadirkan diharapkan dapat memotivasi dan membangun semangat tuan rumah penyelenggaraan Asian Games XVIII tahun 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang.