NAZAR AMIR

H. Nazar Amir, SH adalah artis komedi, tokoh seniman Betawi dan mantan anggota DPRD DKI Jakarta untuk periode 1997-2002. Nazar lahir di Jakarta pada tanggal 31 Desember 1939. Nazar selalu dikenal sebagai tokoh Arab Betawi hampir dalam setiap peran yang dimainkannya. Sebelum memilih untuk berkarir di bidang kesenian, Nazar pernah berprofesi sebagai manager Hotel Borobudur dan Executive Manager Hotel Nirwana. Nazar juga pernah menjadi programmer radio CBB dan General Manager PT. Radio Muara.

 

Pengalaman organisasi Nazar terbilang cukup banyak, diantaranya pernah menjabat sebagai Ketua II Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI), Ketua Ikatan Warga Djakarta (IWARDA), Bendahara Gabungan Artis Nusantara (GAN), Ketua Masyarakat Betawi se-Jabodetabek (MABES) dan Ketua Forum Pemuda Betawi (FPB) periode 2007-2012.

 

Film yang pernah dibintangi Nazar adalah Awal Bahagia (1981), Pengorbanan (1982), Perawan Rimba (1982), CHIPS (1982), Satria Bergitar (1983), Ojek (1991), Asal Tahu Aja (1994) dan Kiamat Sudah Dekat (2003). Sementara sinetron yang pernah dibintanginya antara lain Pepesan Kosong, Nurlela, Melodi Cinta, Si Doel Anak Sekolahan III dan Angkot Haji Imron..

 

Salah satu bentuk kontribusinya dalam upaya melestarikan kesenian tradisional Betawi adalah dengan mendirikan teater modern Betawi, yaitu teater Mira. Di kalangan seniman dan budayawan, teater Mira sering disebut sebagai teater pop yang kebetawi-betawian.

 

H. Nazar Amir wafat pada tanggal 7 Maret 2010 dalam usia 71 tahun. Nazar meninggalkan lima orang anak, yaitu Sarmila, Yasmin, Nadira, Susan dan Rizky serta sepuluh orang cucu.