MUSLIM FASHION FESTIVAL INDONESIA (MUFFEST) 2019, FESTIVAL

Indonesia terbukti memegang peranan penting dalam perkembangan fashion muslim global. Perhelatan Muslim Fashion Festival Indonesia (MUFFEST) merupakan langkah konkrit untuk memajukan industri fashion muslim Indonesia dan mewujudkan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia. Kini, MUFFEST telah menjadi perhatian dan partner Pemerintah dalam mencapai cita-cita bersama tersebut.

Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2019 yang digelar oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) ini sudah memasuki tahun keempat, di laksanakan pada 1-4 Mei 2019, di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Dibuka oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto yang menyatakan optimisme bahwa Indonesia bisa segera mewujudkan target menjadi kiblat fashion muslim global. Pembukaan Muffest 2019 juga diramaikan oleh peragaan busana dari SMK NU Banat Kudus binaan Djarum Foundation, Noore Muslim Sportwear, Lania Rakhmawati, Irma Intan dan Lisa Fitria. Selain peragaan busana dari sejumlah perancang seperti Restu Anggraini, Deden Siswanto, Ria Miranda, Puru Kambera hingga Sayee, acara ini juga diramaikan oleh sekitar 150 booth yang menjual busana, aksesoris hingga kosmetik.

MUFFEST 2019 ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk fashion muslim Indonesia agar memiliki daya saing tinggi dan mengangkat tema “sustainable fashion” sebagai respon terhadap industri fashion yang menjadi salah satu sumber terbesar kerusakan lingkungan. Dalam konsep “sustainable fashion” dalam acara ini, IFC berkolaborasi dengan delapan desainer dan Asia Pacific Rayon (APR), sebuah industri rayon terintegrasi yang memproduksi bahan-bahan fashion berkelanjutan, untuk menghadirkan koleksi yang terbuat dari material viscose-rayon. Bahan ini nantinya akan dipadukan dengan bahan-bahan lain seperti denim atau twill, sehingga material ramah lingkungan ini bisa hadir dalam berbagai bentuk yang berbeda dan lebih menarik perhatian. Saat ini juga sudah banyak brand-brand fashion di Indonesia yang mulai beralih menggunakan bahan dasar yang terbuat dari serat-serat alam dan mengurangi penggunaan bahan-bahan sintetis. Dengan adanya acara ini, diharapkan generasi milenial mau ikut menerapkan sistem “sustainable fashion”.

Muffest 2019 kali ini, menghadirkan pameran dagang ritel maupun B2B (business to business), berbagai peragaan busana baju muslim, presentasi, gelar wicara, seminar hingga kompetisi. Selain itu juga menampilkan trend-trend busana muslim di Indonesia, terutama yang siap pakai. Segmen ini mempunyai potensi besar baik di ranah Domestik maupun Internasional. Acara ini juga bisa jadi "window shopping" untuk melihat trend busana muslim terkini.

Acara khusus busana-busana muslim ini mendapat dukungan penuh dari pihak pemerintah, yaitu Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, SMESCO, dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Kemudian, MUFFEST 2019 juga didukung oleh industri lain, yaitu industri kecantikan yang tak bisa dipisahkan dari dunia fashion. Wardah, brand kecantikan yang terkenal di kalangan muslim, mengambil peran sebagai official makeup dalam gelaran fashion ini.

Selain itu, ada Tokopedia sebagai official E-commerce partner, Elzatta yang juga menyelenggarakan Elzatta x Modest Young Designer Competition sebagai salah satu rangkaian pre-event MUFFEST 2019, dan didukung oleh UBS Gold, dan Asia Pacific Rayon (APR).

Bagi para pencinta fashion modest yang ingin datang ke MUFFEST 2019, Anda bisa mengunduh aplikasi Muslim Fashion Festival di Android untuk mendapatkan info seputar jadwal, tiket, dan lain-lain.