MUSEUM MACAN

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (Museum MACAN) merupakan salah satu museum seni di Jakarta. Diresmikan pada tahun 2017, museum ini merupakan institusi pertama di Indonesia yang memberikan akses publik terhadap koleksi seni modern dan kontemporer yang signifikan. Museum ini berada di salah satu gedung di Jakarta yang berlokasi di wilayah Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Koleksi Museum MACAN sendiri berfokus pada seni modern dan kontemporer dari Indonesia, Eropa, Amerika, dan Asia. Koleksi museum ini bersumber dari pendiri museum dan beberapa koleksi pinjaman jangka panjang kepada museum. 800 karya seni kini ditampilkan di museum ini, 50% di antaranya merupakan karya seni terkemuka dari Indonesia dan 50% lainnya dari Eropa, Amerika Utara, China, dan bagian Asia lainnya.

Tidak hanya sekedar memamerkan hasil karya seni, Museum MACAN juga memiliki program yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Salah satunya kegiatan pendidikan yang menjadi misi inti kegiatan museum ini, yaitu dengan cara bermitra dengan sekolah setempat dan menyediakan materi pendidikan bagi guru dan siswa untuk berinteraksi dengan seni di dalam dan luar museum ini.

Untuk sampai di museum ini, pengunjung tidak perlu kesulitan. Banyak akses transportasi yang dapat digunakan pengunjung untuk sampai di tempat ini seperti misalnya dengan Transjakarta Koridor 8 arah Kebon Jeruk atau dapat menggunakan transportasi kereta api hingga Stasiun Pesing/ St. Taman Kota/ St. Palmerah. Pengunjung dapat membayar masuk tiket sebesar Rp 100.000 untuk dewasa, Rp 90.000 untuk pelajar dan lansia, dan Rp 80.000 untuk anak-anak. Mekanisme pembelian tiket masuk dapat dilakukan secara online atau on the spot.