MUSEUM AQUARIUM AIR TAWAR

Museum Aquarium Air Tawar merupakan taman biota air tawar terbesar di Asia dan terlengkap kedua di dunia. Museum ini dibangun sejak tahun 1992. Museum ini menyimpan 6000 ekor 126 spesies yang terdiri atas tanaman air, reptilia, crustacea, dan ikan. Spesies tersebut berasal dari berbagai perairan di Indonesia maupun belahan dunia lain.

Museum ini dilengkapi dengan taman, perpustakaan, auditorium, akuarium nusantara, pojok reptilia, dan lorong gurame. Selain itu di bagian belakang museum terdapat ruang karantina, ruangan ini bertujuan untuk pengembangbiakan koleksi dan menampung hasil dari petani yang dapat diperjualbelikan kepada pengunjung yang berminat, seperti halnya para eksportir. Tidak hanya sebagai tempat pertunjukan bagi masyarakat, museum ini juga dapat digunakan untuk penelitian dan observasi bagi siapapun yang ingin mengembangkan ilmu pengetahuan dan peluang bisnis ikan hias.

Koleksi istimewa dari air tawar asli Indonesia juga dimiliki oleh museum ini seperti arwana /siluk (scleropages formosus), hiu gergaji (pristis microdon), tapah (wallago leerii), ikan sumpit, ikan buntal yang dapat menggelembung seperti balon, dan lain-lain. selain itu, terdapat juga koleksi jenis ikan tamu yang mempesona antara lain arapaima (arapaima gigas), piranha (serrasaimus) dari sungai Amazon di Amerika, ikan buta, ikan kupu-kupu, ikan chinese high fin (myxocyprinus asiaticus asiaticus) dari Sungai Yangtze-cina, serta kelompok ikan kecil guppy, molly, dan platy.

Alamat:

Kompleks Taman Mini – Jakarta Timur

Telp.   : (021) 8409471

Faks.   : (021) 8402557