MUSEUM ANATOMI FK UNIKA ATMAJAYA, PERMUSEUMAN

Museum Anatomi Fakultas Kedoteran Universitas Katholik Atma Jaya merupakan salah satu museum yang berisi anatomi organ tubuh manusia. Museum ini berlokasi di Pluit dan memiliki sekitar 150 koleksi organ tubuh manusia mulai dari otak, otot, hati, jantung, hingga tengkorak. Museum Anatomi diresmikan pada 2 Juni 1995 bertepatan dengan Lustrum ke-35 UNIKA Atma Jaya.

Museum Anatomi Unika Atma Jaya didirikan oleh dr. Liliana Sugiharto, lulusan angkatan pertama Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya yang mendapat inspirasi dari Museum Anatomi Katholieke Universiteit Nijmegen, Belanda. Pendirian museum ini juga mendapat dukungan dana dari Benovalencia, sebuah organisasi di Belanda. Pendirian Museum Anatomi bertujuan sebagai tempat sumber belajar anatomi tubuh manusia secara utuh terintegrasi dengan cabang ilmu lain di dunia kesehatan.

Selain anatomi dan potongan-potongan organ tubuh, museum yang mendapat penghargaan Anugerah Purwakalagrha Museum Awards 2015 dalam kategori Perguruan Tinggi Peduli Museum ini juga dilengkapi dengan citra tubuh manusia dalam bentuk foto radiologi. Tujuannya, agar struktur anatomi manusia dapat dipelajari dalam keadaan hidup.

Tampilan Museum Anatomi ditata sangat modern. Pada tahun 2014 museum ini direnovasi dan diresmikan kembali pada 16 Mei 2014 dan diberkati oleh Uskup Agung Jakarta, Mgr. Ignatius Suharyo. Kini suasana di dalam museum nampak cerah dan jauh dari kesan horor. Museum ini menampilkan beberapa video mengenai penjelasan sistem respirasi, sistem pencernaan, dan sistem reproduksi. Selain itu, museum ini juga memiliki berbagai fasilitas penunjang seperti perpustakaan yang didominasi warna cerah dan berkesan santai.