MURSALIN

KH. Mursalin atau lebih dikenal dengan nama Ua A’in adalah tokoh ulama Betawi yang berjasa dalam penyebaran agama Islam di wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Tidak ada yang mengetahui detail kapan tanggal lahir Ua A’in, namun diketahui bahwa dirinya lahir di pulau Panggang, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Orangtuanya berasal dari Parung Sapi, Bogor yang merupakan keturunan suku Mandar, Sulawesi Barat.

 

Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, Ua A’in berinisiatif mendatangkan guru agama Islam bernama KH. Abdurrahman Sobri dari pondok pesantren di daerah Cibeber, Serang untuk mengajarkan dan menyebarkan agama Islam kepada masyarakat khususnya anak-anak di wilayah Kepulauan Seribu. Ua A’in sendiri pada masa mudanya menimba ilmu agama Islam di wilayah Banten dan sejumlah daerah lainnya di pulau Jawa.

 

Selain sangat menguasai ilmu agama Islam, Ua A’in juga dikenal sebagai ahli dalam pelayanan sunat bengkong. Proses sunat ini dilakukan sangat cepat untuk 10 orang anak dan memakai ilmu kebathinan yang tinggi. Untuk menopang ekonomi keluarga, Ua A’in juga menjadi seorang nelayan dan pembuat perahu.

 

Bukti pengembangan dakwah Ua A’in dapat dilihat dengan ditemuinya sejumlah waqaf diantaranya masjid Jami’ Anni’mah, yayasan Addiniyah Anni’mah dan Majelis Taklim di pulau Panggang. Ua A’in wafat pada tahun 1972 dan dimakamkan di pulau Karya, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.