MOCHTAR APIN

Senirupawan, lahir di Bukit Tinggi, Padang Panjang, Sumatera Barat, 23 Desember 1923 dan meninggal di Bandung, 1 Januari 1994. Seorang putera dari seorang pegawai kereta api. Ia mendapatkan pendidikan luas, yang pada tahun 1948 mencoba meraih gelar sarjana sastra di Universitas Indonesia di Jakarta. Walaupun berbakat dalam puisi serta menulis, melukis menjadi gairahnya sementara ia masih di sekolah (1939-1940). Lulus Seni Rupa ITB, Bandung (1951), Seni Rupa dan Kria, Amsterdam (1952), Ecole Nationale Superieure des Beaux Art, Paris (1957), dan Deutsche Akademie der Kunste, Berlin (Jerman) tahun 1958. Salah seorang pendiri organisasi budaya Gelanggang. Sejak tahun 1950 sampai akhir hayatnya, aktif mengikuti pameran bersama ataupun tunggal.

Di bawah pemerintahan Jepang, seperti begitu banyak seniman kerabatnya, ia bekerja di Pusat Kebudayaan. Pada tahun 1946 ia aktif sebagai editor sebuah jurnal, Nusantara, dan pada tahun 1947 ia bekerja untuk majalah berkala Pembangunan dan Gema Suasana, sementara juga memproduksi ilustrasi-ilustrasi untuk organisasi penerbitan pemerintah, Balai Pustaka. Dengan berdirinya Sekolah Seni Rupa di Bandung pada tahun 1948, Apin ditemukan oleh Admiral, direktur pertamanya, dan menjadi seorang teman dekat serta mahasiswa dari Ries Mulder, pelukis Belanda serta pengajar utarna di Bandung. Pada tahun 1951 ia pergi ke Holland atas beasiswa dari STICUSA di mana ia bekerja dan berpameran selama dua tahun. Pada 1953, ia pergi ke Paris untuk belajar selama empat tahun di Ecole Nationale Superieure des Beaux-Arts, menghabiskan waktu cukup banyak pada seni grafis serta fotografi.

Bekerja cukup banyak pada seni gratis serta fotografi. Sementara bekerja serta mengadakan perjalanan ke luar negeri, ia dikontrak untuk melukis mural di gedung Kedutaan Besar Indonesia di Paris. Di Jerman ia mendekorasi sebuah restoran Indonesia di Dusseldorf dengan mural. Pada Mei 1958 Mochtar Apin kembali ke Indonesia, bergabung dengan staf pengajar di Institut Teknologi Bandung sebagai seorang dari pengajar-pengajar seni terkemuka. Pada tahun 1966 ia adalah kepala Bagian Grafis dari Departemen Seni Rupa.