Miriam Budiardjo

Ilmuwan politik, lahir di Kediri, 20 Nopember 1923. Ia adalah dosen ilmu politik dan diplomat wanita RI yang pertama. Setelah menyelesaikan sekolah di ELS dan Sekolah Menengahnya di Surabaya, ia lalu hijrah ke Jakarta, menempuh pendidikan Sekolah Tinggi Hukum dan Sastra tahun 1946. Selanjutnya ia terbang ke Amerika Serikat, menekuni Ilmu Politik di Georgetown University dari tahun 19501953.

Istri Ali Budiardjo, SH, ini selain menuntut ilmu juga sempat bekerja sebagai diplomat (Sekretaris II) pada Kedutaan Besar RI di Washinton DC. Pada masa Republik Indonesia (1946-1947), Miriam bekerja di Departemen Luar Negeri selama perundingan Linggar Jati, kemudian di Sekretariat Delegasi Indonesia selama perundingan Renville (1947-1948). Pengalamannya sebagai diplomat dirnulai pada tahun 1948-1950, yakni ditempatkan di India, suatu pos penting bagi RI dalam perjuangannya di luar negeri. Dari 1950-1953 Miriam ditempatkan di Amerika Serikat.

Kembali ke tanah air, Miriam lalu mengajar di Universitas Indonesia sejak 1962 dengan mata kuliah antara lain Pengantar Ilmu Politik, Sistem Politik Asia Tenggara, hingga diangkat sebagai guru besar. Bukunya yang berjudul Dasar-dasarllmu Politik menjadi pegangan bagi mahasiswa Ilmu Politik. Yang menjadi kenangan tersendiri bagi Miriam Budiardjo adalah ketika turut serta dalam merumuskan kehidupan politik di masa orde Barn. Pada kesempatan itu, ia turut menyampaikan prasaran berjudul "Pernilu dan Orde Barn" dalam Seminar Angkatan Darat II di Bandung pada bulan Agustus 1966.