Melawai Plaza, Wisata Belanja

Melawai Plaza merupakan pusat perbelanjaan dan sentra pedagang berlian dan emas yang terletak di Jl. Melawai No. 166 kawasan Blok M, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12160. Melawai Plaza berdiri sejak tahun 1983 dan menjadi salah satu pusat perbelanjaan terkenal di Jakarta pada tahun 1980-an hingga pertengahan tahun 1990-an. Pada awalnya kios-kios yang terdapat di Melawai Plaza terdiri dari berbagai macam dagangan mulai dari pakaian, tekstil, pasar swalayan, toko buku, mainan, perhiasan hingga toko obat. Namun seiring pamornya yang mulai meredup sejak tahun 2000-an karena kalah bersaing dengan pusat perbelanjaan yang lebih modern lainnya, maka kios di Melawai Plaza kini lebih banyak didominasi oleh pedagang perhiasan dan emas. Salah satu kios terkenal di Melawai Plaza yang masih bertahan hingga saat ini adalah kios Kari Umbi yang terletak di lantai dua. Kari Umbi dikenal karena menjual berbagai macam jajanan kue basah dan kue tradisional.

Pada awal tahun 1990-an, restoran cepat saji asal Amerika Serikat, McDonalds sempat membuka gerai pada bagian depan bangunan Melawai Plaza. Gerai tersebut merupakan salah satu gerai awal McDonalds di Indonesia setelah gerai di gedung Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat. Kini gerai McDonalds tersebut digantikan oleh gerai restoran cepat saji asal Amerika Serikat lainnya, yakni Kentucky Fried Chicken (KFC).
Bangunan Melawai Plaza nyaris sama dan tidak pernah mengalami berubahan sejak pertama kali dibuka pada tahun 1983. Bagian depan Melawai Plaza dulunya sempat dijadikan sebagai lokasi pangkalan angkutan bajaj yang berhenti berjejer menunggu penumpang sehingga kerap membuat semrawut kondisi di depan Melawai Plaza. Bekas lokasi pangkalan bajaj tersebut kini digunakan sebagai trotoar pejalan kaki pengunjung Melawai Plaza.