MASJID AL ARQOM TANAH ABANG BLOK A, WISATA RELIGI

Masjid Al Arqom terletak di atap gedung pusat perbelanjaan Blok A, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Akses menuju masjid cukup memadai karena tersedia 4 lift di kiri masjid, 2 lift di kanan masjid, eskalator, dan juga tangga. Meski sudah ada 6 buah mushola tetapi pengelola gedung merasa ibadah harus setara atau bahkan lebih daripada berdagang. Masjid sengaja dibangun di puncak gedung agar selalu bersih, tidak terkesan kumuh, sehingga saat beribadah bathin ikut larut dan akhirnya akan berlama-lama dalam bermunajat kepada Allah. Atap gedung juga direpresentasikan sebagai tempat yang tertinggi untuk mengagungkan asma Allah. Jama’ah yang datang pun merasa seperti beribadah di atas awan, terlebih di awal penggunaannya terdapat pohon kurma yang didatangkan langsung dari Saudi Arabia. Sayangnya karena di dalam bak, akar pohonnya jadi mengganggu, dan akhirnya diganti dengan tanaman palem.

Masjid berdaya tampung 3.000 jama’ah ini dibangun hanya dalam waktu enam bulan, dan sudah mulai digunakan sejak tahun 2006. Arsitekturnya terinspirasi oleh Masjidil Haram di Makkah, Masjid Nabawi di Madinah, dan Istana Hamroh di Cordova, Spanyol. Eksterior masjid didominasi warna krem berpadu dengan warna hijau memberikan kesan teduh. Sejumlah pilar di bagian selasar dan teras mengingatkan jama’ah pada suasana di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Jendela dengan kaca-kaca patri bermotif geometris khas Islam dalam kombinasi warna biru tua, biru muda, kuning, hijau, dan merah, menjadi pelengkap estetika interior masjid yang sekaligus berfungsi sebagai dinding. Ornamen pada dinding bagian atas selain kaligrafi, juga ada hiasan corak khazanah Nusantara yang digayakan (stilasi). Mihrab berbentuk ceruk, sisi kiri dan kanannya masing-masing diapit oleh 2 buah tiang berwarna hijau. Di bagian atas mihrab terdapat kaligrafi lafadz dua kalimat syahadat, dan kaligrafi berlafadz Allah di sisi kanan, serta lafadz Muhammad di sisi kiri. Lengkungan ruang mihrab juga dicat dua warna seperti lengkungan lainnya. Di sisi kanan ruang mihrab terdapat mimbar terbuat dari kayu yang bergaya Turki dengan bagian atas meruncing. Di bagian belakang ruang sholat utama, di dekat pintu masuk, terdapat tangga menuju lantai mezanin yang merupakan ruang sholat khusus untuk perempuan.

Masjid Al Arqom hanya menyelenggarakan tiga kali sholat wajib berjama’ah, yaitu Dzuhur, Ashar, dan Maghrib serta sholat Jum’at, karena setelah pukul 17.00 kegiatan perdagangan  berhenti. Meski demikian Masjid Al Arqom juga digunakan untuk kegiatan kajian, diskusi, dan peringatan hari-hari besar Islam. Kajian rutin diadakan tiap Senin ba’da Dzuhur selama ± 1 jam dengan mengundang ulama atau  ustadz yang memiliki kedalaman kajian Islam secara baik. Tema kajian lebih dikhususkan pada kiat-kiat untuk lebih dekat lagi dengan Allah dan Rasul-Nya. Masjid Al Arqom Blok A Tanah Abang juga menyelenggarakan pendidikan baca Al-Qur’an gratis untuk anak-anak di bawah umur yang buta huruf Hijaiyah, dan tidak memiliki biaya untuk memperoleh pendidikan agama. Kegiatan kajian di masjid ini memang tidak terlalu banyak, karena mayoritas jama’ah adalah pedagang. Bagi takmir masjid hal yang terpenting adalah memberikan ruang bagi jama’ah untuk berdagang atau berbisnis dengan aman, nyaman, dan apik, tetapi tetap fokus dengan pengajian rutin setiap Senin. Tak hanya sukses duniawi, tapi juga sukses untuk akhirat dengan belajar dan meraih pengetahuan Islamiah secara efektif.