MAS'UD PANJI ANOM

Artis mm, dikenaljuga Pengeran Mas'ud Panji Anom (Putra Mahkota Kerajaan Sambas). Lahir di Sambas, Kalimantan Barat 3 April 1915, dan merupakan anak kedua pasangan Pangeran Cakra Panji Anom (Sultan Kerajaan Sambas) dan Encik Zakiyah. Setelah selesai dari HIS, ia melanjutkan ke Ambacht School (sekolah teknik) di Batavia (Jakarta). Ia belajar musik dan menyanyi keroncong dalam persembunyiannya di Jawa Barat, dan menjadi juara dalam lomba di Singapura ketika ia terdampar di sana. Suaranya pun kemudian direkam oleh perusahan piringan hitam Cap Ayam di Singapura.

Bersama istrinya ia pun kemudian main film "Elang Darat" di perusahaan Java Industrie Film. Mas'ud bersama Anjas Asmara mendirikan Kaimin Bungke Sidoso yang kegiatan utamanya menghibur serdadu Jepang. Tahun 1943 sandiwara ini namanya berubah menjadi Cahaya Timur (CT), dan tahun 1949 menjadi Pancawama Fifi Yuong (PF). Tahun 1947 bersama dengan teman-temannya membentuk Firma Persatuan Artis Indonesia (Persari). Tahun 1950 diubah menjadi NV Persari dan Mas'ud Panji Anom sebagai direkturnya. Tahun 1950-1955 NV Persari aktif membuat film dengan film pertamanya Sedap Malam. Lebih dari 40 judul film yang dibuat dalam kurun waktu tersebut.

Sekembalinya dari perjalanan di Manila Mas'ud Panji Anom menjadi sutradara. Film yang digarapnya antara lain Gadis Kemayoran (1953), Tamu Agung (1955) dan tahun 1958 Solo di Waktu Malam. Mas'ud pun ikut mendirikan Borobudur Film Coy. Penampilannya terakhir yakni dalam salah satu serial TVRI, Rumah Masa Depan dalam episode "Selamat Jalan Mak Wok". Mas'ud dan istrinya, juga anaknya yang pertama Elly Panji merupakan artis dan aktor yang terkenal pada zamannya.