Lukisan “pencarian Tempat”, Seni Rupa

“Pencarian Tempat” adalah judul karya lukis I Gusti Nengah Nurata, seorang pelukis Indonesia yang lahir di Tabanan Bali, 1 Juni 1956, yang dikenal dengan gaya lukisan imajinatifnya. Dibuat pada tahun 1989, menggunakan Kanvas berukuran 97 x 153 cm, dengan Cat minyak .

Karya ini, menghadirkan kisah perjalanan spiritual dalam gaya Surealisme-Dekoratif yang sarat dengan imaji. Pada lanskap tanah kering bersela batu-batu karang yang bermutasi sebagai makhluk demonis, di antaranya tumbuh pohon yang meranggas. Seorang Brahmana membawa panji yang berkibar, duduk di atas gajah tunggangannya berjalan diikuti sekawanan binatang yang mengiringinya. Langit gelap dengan sosok kala yang berkamuflase dalam awan-awan cumolo, menatap tajam ke arah rombongan sang Brahmana. Selain itu masih ada buru dan binatang buas yang menghadang. Sebagai latar belakang, diungkapkan dengan dominasi warna coklat umber, sehingga menguatkan kesan magis.

Lukisan ini secara simbolik mengungkapkan sebuah proses pencarian eksistensi jati diri manusia serbagaimana layaknya sang Brahmana pengembara. Kemudian, gulungan awan kala merupakan representasi hawa jahat yang terung mengintai kemurnian pencarian. Ungkapan penghayatan ini mempunyai dimensi religi yang hadir dalam dunia simbolik, sebagai penggambaran ruang bawah sadar manusia dalam realitas transendensi yang sebenarnya.