LILIS SURYANI

Lilis Suryani binti Hary R merupakan penyanyi dan aktris terkena Indonesia pada tahun 1960-an dan 1970-an. Lilis lahir di Jakarta pada tanggal 22 Agustus 1948 dan sejak kecil sudah memiliki bakat dan minat yang tinggi dalam bernyanyi. Dalam usia remaja, Lilis sudah diminta untuk tampil menyanyi di Istana Negara, dimana dirinya menyanyikan lagu berbahasa Sunda yang berjudul Tjai Kopi dan membuatnya berkenalan dengan Presiden Soekarno untuk pertama kalinya.

 

Lilis semakin dikenal masyarakat Indonesia ketika dirinya sukses menyanyikan Gang Kelinci, sebuah lagu bertema jenaka karya Titiek Puspa yang konon ditulis khusus untuk dinyanyikan oleh Lilis. Lagu Oentoek Paduka Jang Mulia Presiden Soekarno karya Soetedjo yang dianggap sebagai lagu pujian yang sangat terkenal dan didedikasikan khusus untuk Bung Karno pada tahun 1960-an juga turut melambungkan nama Lilis Sueyani di dunia musik nasional.

 

Pada tahun 1968 Lilis mendirikan grup musik wanita bernama The Females yang beranggotakan dirinya, Rita Rachman dan Rose Sumanti. Popularitas Lilis juga merambah sejumlah negara Asia seperti Malaysia, Singapura dan Filipina, bahkan Lilis sempat merilis beberapa album di salah satu perusahaan rekaman Singapura, Pop Sound yang merupakan sub divisi dari Philips. Lilis dikenal cukup produktif dalam berkarya. Tidak hanya musik, Lilis juga sempat membintangi sejumlah judul film, diantaranya Di Ambang Fadjar (1964), Bunga Putih (1966), Mahkota (1967) dan Jangan Kau Tangisi (1974).

 

Lilis Suryani meninggal dunia pada tanggal 7 Oktober 2007 dalam usia 59 tahun setelah berjuang selama empat tahun melawan penyakit kanker rahim yang dideritanya.  Lilis meninggalkan tiga orang anak dan delapan cucu.