Kura-kura Pipi Merah, Hewan

Kura – Kura Pipi Merah adalah kura-kura semi-aquatic milik keluarga Emydidae. Mereka adalah subspesies dari slider kolam. Ini adalah kura-kura hewan peliharaan paling populer di Amerika Serikat dan juga populer sebagai hewan peliharaan di seluruh dunia karena mudah untuk dipelihara.

Kura-kura pipi merah dikenal juga sebagai kura-kura ''red-ear slider''atau dalam bahasa latin ''trachemys scripta elegans''. Hal ini disebabkan adanya semburat warna merah tepat di belakang matanya sehingga menyerupai telinga berwarna merah. Kura-kura ini berasal dari amerikaselatan, tepatnya merupakan hewan endemik asal brazil, namun saat ini kura kura tersebut dapat dengan mudah di temuka di mana-mana karena telah menjadi hewan peliharaan favorit. Ciri-ciri dari kura-kura ini adalah Memilikigaris merah di belakang matanya, tempurung pipih dan oval berwarna hijausaat masih anakan dan cenderung berwarna kuning gelap kehitaman saatdewasa. Tempurung atas (karapaks) dipenuhi corak-corak terang maupun gelap Pada saat bayi bersifat lunak dan berwarna hijau cerah serta memiliki pola garis kuning dan hitam. Semakin dewasa akan bertambah keras dan warna berubah semakin gelap. Tempurung bawah (plastron) berwarna kuning dan juga dipenuhi corak-corak berwarna hitam tak beraturan, halus serta berwarna hijau kekuningan dengan pola yang unik. Sisi belakang tempurung semakin bergerigi saat dewasa. Kura-kura ini dapat mudah dibedakan oleh rahang bawahnya yang lebih bulat dibanding jenis pseudemys yang lebihkotak. Jari-jari kaki belakangnya dihubungkan oleh selaput seperti bebek karena mereka hewan air.

Ciri fisik kura-kura brazil memiliki moncong seperti paruh yang terbuat keratin. Paruh ini bisa dengan mudah memotong daging dan buah-buahan. Hewan ini tidak memiliki gigi untuk memecah makanan, namun tenggorokan mereka cukup fleksibel untuk mengakomodasi sebagian besar makanan. Selain itu, diperlukan air untuk menelan karena mereka tidak menghasilkan air liur. Mereka mungkin mengambil makanan yang ada di darat tetapi akan membawanya ke dalam air saat menelannya.

kura-kura ini dapat hidup sampai umur 20 tahun, dan beberapa jenis telah dilaporkan bisa hidup hingga umur 40 tahun. Kura-kura Brazil muda akan memangsa hewan-hewan kecil seperti ikan, siput, dan serangga yang secara bertahap akan mulai menyukai jenis-jenis tanaman. Reptil ini merupakan perenang cepat yang cukup baik. Kura-kura Brazil cenderung berada tak jauh dari sumber air meskipun sang betina akan membuat sarangnya di tanah yang kering dan hangat.