KULDESAK, PERFILMAN

Kuldesak adalah sebuah film drama komedi hitam, yang di buat pada tahun 1997. Di produksi bersama oleh Sutradara : Riri Riza, Mira Lesmana, Rizal Mantovani dan Nan Achnas. Rilis pada 27 November 1998

Ada empat "cerita" yang satu dengan lainnya tak ada kaitannya, kecuali bahwa seluruh "cerita" tadi bermaksud melukiskan dunia remaja masa kini dari kacamata remaja itu sendiri. Suatu dunia yang sering sukar dipahami generasi lainnya yang lebih tua.

Empat tokoh dari cerita tadi masing-masing punya impian, keinginan, obsesi dan masalah masing-masing, yang umumnya tidak kesampaian., tidak berjalan mulus sehingga memaksa mereka untuk mengambil pilihan-pilihan radikal. Yang unik dari film ini adalah bentuk yang digunakannya hingga dia betul-betul menjadi "isi" dunia remaja itu, sangat dekat dengan gaya video-klip yang sering tampil di MTV. Sebuah film yang betul-betul "lepas" kaitannya dari sejarah film Indonesia sebelumnya.

Mengambil latar Jakarta pada tahun 1990-an, Aksan (Wong Aksan) memiliki mimpi untuk membuat sebuah film dan hal yang paling dibutuhkannya adalah uang. Seharusnya hal itu tidak menjadi masalah karena ia berasal dari keluarga yang kaya, namun ayahnya tidak ingin anaknya menjadi pembuat film. Dorongan kuat untuk mewujudkan mimpinya membuat Aksan bertindak nekat untuk mencuri uang dari ayahnya.

Berbeda dengan Aksan, Andre (Ryan Hidayat) seorang musisi yang merasa hidupnya tidak bahagia karena idolanya Kurt Cobain, vokalis band Nirvana, meninggal bunuh diri. Ia pun mencari kenyamanan dan ketenangan pada seorang peramal keliling.

Selain itu ada pula Dina (Opie Andaresta) yang bekerja sebagai penjual tiket bioskop yang terobsesi pada seorang pembawa acara populer di sebuah televisi. Dina tidak dapat lagi membedakan antara impian dan kenyataan gara-gara obsesinya tersebut.

Tokoh terakhir yang yang menjadi fokus cerita adalah Lina (Bianca Adinegoro), Ia seorang pegawai di sebuah biro iklan yang mendapat tekanan dari bosnya untuk bekerja lembur. Hingga pada suatu malam Lina diperkosa, namun ia tidak melaporkan kejadian tersebut pada pihak yang berwajib. Lina justru mengambil hukum ditangannya sendiri.

Film ini pernah ditayangkan di lingkup Internasional dalam ajang International Film Festival di Rotterdam pada tahun 1999. Selain itu, “Kuldesak” pernah mendapat nominasi untuk Silver Screen Award kategori Best Asian Feature Film dalam Singapore International Film Indonesia 1999

Setelah dua dekade, film bergenre komedi gelap kolaborasi empat sutradara Indonesia ini, kembali diputar di bioskop XXI di sembilan kota besar, yaitu bioskop XXI Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Yogyakarta, Semarang, Solo, Malang, dan Padang, pada 30 Desember 2018. Refleksi 20 tahun Kuldesak ini merupakan pengingat pada prinsip gotong-royong, di mana seluruh pemain dan kru tidak dibayar sepeser pun. Dengan demikian di harapkan  generasi film yang baru, bisa menengok ke belakang dan belajar dari proses dan semangat berjejaring itu, serta melihat karakter-karakter dalam film yang memiliki referensi budaya pop pada masanya

 

Produser Mira Lesmana, Nan Achnas, Riri Riza, Rizal Mantovani
Sutradara Mira Lesmana, Nan Achnas, Riri Riza, Rizal Mantovani
Penulis Mira Lesmana, Nan Achnas, Riri Riza, Adi Nugroho, Rizal Mantovani
Pemeran Oppie Andaresta, Ryan Hidayat, Wong Aksan, Bianca Adinegoro