Kue Rangi, Kuliner

Kue rangi dibuat dari campuran kelapa parut dan tepung sagu,  disajikan dengan gula merah atau gula aren yang dikentalkan dengan sedikit sagu sehingga tampak seperti saus. Untuk menambah selera biasanya ditambahkan potongan buah seperti nangka, nanas, atau durian didalam saus gula merahnya.

Kue rangi dahulu dijajakan keliling kampung menggunakan gerobak yang berbentuk unik dengan cetakan kue rangi bertutup. Cetakan yang digunakan mirip seperti cetakan kue pancong, tetapi ceruk cetakan kue rangi lebih dangkal. Kue rangi dimasak dengan cara tradisional menggunakan tungku dan kayu bakar hingga memunculkan aroma wangi pada kue, meski sebenarnya penggunaan kayu bakar dimaksudkan agar api tidak terlalu besar sehingga kuenya tidak mudah gosong. Kue ini memang tidak dijajakan dalam keadaan sudah matang seperti kue-kue dan jajanan lainnya, tetapi baru dibuat saat ada orang membelinya. Kue ini  terasa lebih nikmat disantap dalam keadaan hangat, karena jika dingin tekstur kuenya menjadi agak liat. Lebih sedap lagi jika disandingkan dengan teh tubruk hangat atau kopi. Dahulu kue rangi memang sering disajikan dalam acara nyahi atau minum teh bersama di sore hari, dengan keluarga maupun teman sambil bercengkerama.

Kue rangi kini hanya dijumpai di beberapa wilayah pemukiman pinggiran Jakarta antara lain kawasan Ragunan, Jagakarsa, dan pasar Mayestik, yang semuanya berada di selatan. Penjaja kue rangi sulit ditemui di kawasan perkotaan yang jauh dari pemukiman orang Betawi. Bisa jadi kalah populer karena adanya perubahan selera masyarakat yang kini lebih menyukai kue-kue modern.

Bahan:

  1. ½ butir kelapa muda, parut memanjang
  2. 200 gram tepung sagu tani
  3. 1 sendok teh garam
  4. 400 ml air
  5. Minyak untuk mengoles

Saus:

  1. 100 gram gula merah, sisir
  2. 150 ml air
  3. 3 sdm tepung sagu tani

Cara membuat:

  1. Campur kelapa parut, tepung sagu tani, dan garam. Uleni sambil tuangi air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yang kental.
  2. Masukkan adonan ke dalam cetakan kue rangi yang sudah dipanaskan dan diolesi minyak. Tutup. Masak hingga matang. Angkat. Sisihkan.
  3. Saus: Rebus gula dan air hingga gula larut. Angkat. Saring untuk membersihkan ampas dari gula merah. Campur dengan tepung sagu tani, rebus kembali hingga mengental dan meletup-letup. Bisa ditambahkan potongan nangka jika suka. Angkat.
  4. Siramkan saus gula ke atas kue rangi hangat. Sajikan segera.