KUE MANGKOK

Kue Mangkok Gula Merah

            Nama kue ini serupa dengan penampilannya yang berbentuk mangkok. Keunikan kue mangkok (fak kwau) ini juga terlihat dari bagian permukaanya yang merekah seperti bunga mekar, mirip bolu kukus. Teksturnya kenyal dan lembut karena terbuat dari tepung beras yang diuleni bersama tapai singkong yang berfungsi sebagai pengembang. Warna kue mangkok yang bervariasi, mulai warna merah muda, merah tua, hijau, kuning dan cokelat. Warna merah muda, merah tua, kuning, dan hijau umumnya berasal dari pewarna makanan, sedangkan warna cikelat berasal dari pengguna gula palem atau gula merah. Kue mangkok gula merah ini umumny ada di daerah Tangerang sedangkan kue mangkok yang berwarna merah umumnya digunakan untuk sembahnyang di daerah Medan.

            Kue mangkok  dalam tradisi Tionghoa menjadi kue persembahan bagi para dewa. Kue mangkok mangandung harapan hidup yang makin meningkat atau berkembang seperti bentuk kue yang merekah mirip bunga yang bermekaran di musim semi.

 

Resep Kue Mangok Gula Merah

Bahan :

1.      250 gr tapai singkong, buang tulang tengahnya, haluskan

2.      350 gr tepung beras

3.      60 gr tepung terigu serbaguna

Bumbu :

1.      1 sdm minyak sayur untuk mengoles

2.      750 ml air kelapa

3.      100 gr pasir halus

4.      275 gr gula merah, serut kasar

5.      3 lbr daun pandan, simpulkan

6.      2 sdt baking powder

Pelengkap :

1.      50 gr kelapa muda, kupas, parut memanjang, kukus dengan ½ sdt garam

Cara membuat :

1.      Olesi permukaan cetakan kue mangkok dengan minyak goreng. Panaskan dalam dandang yang tutupnya dilapisi dengan serbet. Sisihkan.

2.      Rebus air kelapa, gula pasir, gula merah, dan daun pandan hingga larut dan cairan agak kental. Angkat dan saring.

3.      Campur tepung beras, tapai singkong dan 200 ml campuran gula, uleni hingga tercampur rata.

4.      Tambahkan tepung terigu dan baking powder, aduk rata.

5.      Tuangkan adonan ke dalam cetakan panas hingga bibir mangkok. Kukus kembali selama 30 menit hingga mengembang dan merekah. Angkat dan dinginkan.

6.      Lepaskan kue dari cetakan, sajikan bersama kelapa parut kukus.