Kramat Raya, Kampung

Kramat Raya merupakan sebuah tempat yang bermuara pada persimpangan lima arah Pasar Senen, Jakarta Pusat. Kramat Raya sudah ada sejak abad ke-19. Sejak dahulu kala, kawasan ini menjadi pusat lalu lintas yang ramai. Di kawasan ini terdapat rel kereta api dari arah Jatinegara menuju daerah Kota.

Kawasan ini diberi nama Kramat Raya karena pada dahulu kala banyak tempat yang dikeramatkan atau dianggap memiliki kekuatan mistis di sini. Antara tahun 1945 hingga 1949 kawasan ini tercatat dalam sejarah menjadi tempat pertempuran perang. Banyak korban yang tewas akibat serangan sporadis, yang menjadi korban utama adalah orang tua, wanita dan anak-anak.

Tidak hanya itu, Kramat Raya juga memiliki banyak bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Adapun diantaranya adalah Museum Sumpah Pemuda yang berada di Jalan Kramat Raya No. 106, Gedung eks Kantor CC PKI di Jalan Kramat Raya No. 81, dan sebuah rumah tua di Jalan Kramat Raya No. 110. Hingga saat ini, bangunan-bangunan tersebut masih berdiri kokoh di tepi jalan yang kerap kali dilanda kemacetan lalu lintas.