KONSER METALLICA "LIVE IN JAKARTA" (2013), PERISTIWA

Band rock legendaris asal Amerika Serikat, Metallica menggelar konser mereka untuk kedua kalinya di Jakarta pada hari Minggu, 25 Agustus 2013. Konser bertajuk Metallica "Live in Jakarta" tersebut digelar di Stadion Gelora Bung Karno, kawasan komplek olahraga Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta. Sebelumnya Metallica pertama kali menggelar konser di Jakarta pada tahun 1993 bertempat di Stadion Lebak Bulus, Jakarta Selatan yang berakhir dengan kerusuhan. Dalam konser kali ini, Metallica hadir dengan formasi : James Hetfield (vokal dan gitaris), Kirk Hammet (gitar), Lars Ulrich (drum) dan Robert Trujillo (bass).

Konser yang dipromotori oleh Blackrock Entertainment ini diawali dengan penampilan penyanyi Raisa yang mengajak penonton secara bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya band Indonesia, Seringai tampil sebagai band pemuka. Dalam konser tersebut Metallica membawakan sekitar 20 lagu hits mereka, diantaranya Hit The Lights, Kill ‘em All, Master of Puppets, One, Enter Sandman dan Seek and Destroy.

Tercatat 50.000 tiket konser terjual dalam pertunjukan Metallica tersebut. Gubernur DKI Jakarta saat itu, Joko Widodo dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo termasuk diantara para penonton yang hadir dan keduanya terlihat berbaur dengan ribuan penonton lainnya yang berada di kelas festival.