KONSER BON JOVI : CROSS ROADS TO THE EAST (1995), PERISTIWA

Konser band rock asal Amerika Serikat, Bon Jovi dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 6 Mei 1995 dan bertempat di Ex-Circuit Ancol yang terletak di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Konser bertajuk "Bon Jovi : Cross Roads To The East" yang dipromotori oleh Indo Entertainment tersebut merupakan bagian dari konser dunia Bon Jovi yang saat itu baru saja merilis album Cross Roads pada 11 Oktober 1994. Harga tiket konser Bon Jovi ini adalah sebesar Rp 150.000,- (VIP) dan Rp 45.000,- (Festival).

Konser ini adalah konser pertama Bon Jovi di Indonesia dan tercatat sebagai salah satu konser musisi asing dengan jumlah penonton terbanyak sepanjang sejarah yakni sekitar 60.000 penonton, meskipun menurut  laporan sejumlah media asing diperkirakan jumlah penontonnya baik yang resmi (memiliki tiket) maupun yang tidak memiliki tiket mencapai hingga 100.000 orang. Konser kedua Bon Jovi di Indonesia terjadi 20 tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 11 September 2015 bertempat di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Meskipun konser Bon Jovi di Ancol tersebut mendapat pengamanan ketat dari aparat keamanan sebagai bentuk antisipasi terulangnya kembali kerusuhan konser band rock Metallica di stadion Lebak Bulus beberapa tahun sebelumnya, namun kenyataannya tetap terjadi kerusuhan dan kericuhan yang dipicu adanya sejumlah orang yang memaksa masuk lokasi konser meskipun mereka tidak memiliki tiket. Akibatnya terjadi bentrokan dengan pihak kepolisian yang mengakibatkan sejumlah orang terluka. 

Dalam konser tersebut Bon Jovi tampil dengan formasi orisinal lengkap mereka, yakni Jon Bon Jovi (vokal / gitar), David Bryan (keyboard), Tico Torres (drum) dan Richie Sambora (gitar). Adapun anggota orisinal lainnya, Alex John Such (bass) yang dipecat dari band digantikan posisinya sementara oleh Hugh McDonald.

List lagu yang dibawakan Bon Jovi dalam konser tahun 1995 :

  1. Wild in The Streets
  2. You Give Love A Bad Name
  3. Keep The Faith
  4. Bed of Roses
  5. Lay Your Hands On Me
  6. Bad Medicine
  7. Shout
  8. With A little Help From My Friends
  9. Always 
  10. Livin On A Prayer
  11. Never Say Goodbye
  12. Someday I'll Be Saturday Night