Kirab Budaya Betawi Hut 492 Jakarta Di Tmii

Dalam rangka memeriahkan HUT Kota Jakarta ke 492 dan sesuai amanah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan UP Graha Wisata dan Anjungan DKI Jakarta menggelar kegiatan  Kirab Budaya Betawi untuk pertama kali diselenggarakan di Anjungan DKI Jakarta di Taman Mini Indonesia Indah (TMII),  Jakarta Timur, pada 23 Juni 2019.

Diikuti 850 orang peserta pelaku seni mulai dari sanggar seni tingkat TK, SD, SMP, SLTA hingga Perguruan Tinggi se Jakarta Timur. Peserta mendaftar secara langsung di Anjungan DKI Jakarta, kemudian mendapatkan nomor urut dan pengarahan.

Kirab Budaya Betawi ini, dimulai pukul 10.00 WIB, di buka langsung secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Asiantoro disusul pula dengan ditandai  pemukulan kenong oleh Kepala UP Graha Wisata dan Anjungan DKI Jakarta, Fadlan Zuhran.

Pelepasan peserta diawali oleh penampilan dari Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Jakarta Timur, dengan menampilkan tarian khas Betawi. Disusul kemudian peserta dari Sudin Pariwisata dan Budaya dari seluruh wilayah kota administrasi di Jakarta

Selanjutnya, secara berurutan peserta Kirab yang telah mendaftar, berjalan kaki menampilkan kesenian-kesenian hingga pakaian khas Betawi dengan warna yang kontras. Abang-None Betawi juga turut memeriahkan acara ini. Juga sepasang ondel-ondel pria dan wanita dengan busana khas Betawi berlenggok dalam alunan musik tanjidor.

Beberapa kesenian khas Betawi yang turut ditampilkan di antaranya musik Gambang Kromong, Lenong Preman, tari topeng, musik tanjidor, musik hadroh, ketimpring hingga palang pintu.

Adapun rute Kirab Budaya Betawi ini, dimulai dari Anjungan DKI Jakarta menuju gedung pengelola TMII, melintasi miniatur Candi Borobudur. Kemudian peserta kirab mengelilingi tugu api Pancasila menuju Candi Bentar dan kembali ke Anjungan DKI Jakarta melalui stasiun kereta api yang berseberangan dengan gedung pengelola TMII.