Khalifah, Perfilman

Khalifah merupakan judul Film Drama Indonesia yang diproduksi oleh Rumah Produksi Triximages dan Frame Ritz Pictures. berdurasi 94 menit dan rilis pada 06 Januari 2011. Film ini berhasil meraih Penghargaan pada Festival Vesoul 2012 di Prancis. Untuk Kategori The Audience Award (Film Pilihan Penonton).

Film Khalifah, menceritakan tentang kehidupan seorang Muslimah yang taat kepada keluarga dan setia kepada suaminya. Sepeninggal ibunya, Khalifah (Marsha Timothy) harus berjuang menghidupi ayah dan adik tercintanya. Berbekal Ijazah SMA dan bekerja di sebuah Salon Kecantikan, Khalifah yang taat akan perintah ayahnya harus menerima kenyataan dirinya dijodohkan dengan Rasyid (Indra Herlambang) demi membantu keluarga tercinta.

Pilihan sang ayah pun tidak mengecewakan Khalifah, selain taat beribadah, Rasyid juga sangat sayang kepada Khalifah. Khalifah yang penurut pun ikhlas saat sang suami menyuruhnya mengenakan Jilbab. Tidak hanya itu, Rasyid yang sedikit memiliki pemahaman yang “Keras” tentang Islam, akhirnya menasehati istrinya agar menggunakan cadar demi kebaikan keluarga.

Awalnya tidak mudah bagi Khalifah menggunakan cadar, berbagai respon negatif dan tatapan sinis menghampirinya. Bahkan pekerjaan sebagai Juru Rias di salon pun terancam hilang. Namun karena kepatuhannya kepada sang suami, membuatnya mengabaikan semua itu.

 

Produser Nan T Achnas, Nurman Hakim, Sentot Sahid
Sutradara Nurman Hakim
Penulis Nurman Hakim, Nan T Achnas
Pemeran Titi Sjuman, Dion Wiyoko, Yoga Pratama, Jajang C Noer, Ben Joshua, Indra Herlambang, Marsha Timothy