Kelom Batok, Permainan

Kelom batok adalah permainan Tradisional yang menggunakan batok kelapa dan seutas tali. Batok kelapa yang dipilih adalah batok yang punya diameter besar dan sudah tua, kemudian batok di belah dua.  Jika sudah dibelah menjadi dua, bagian tengah batok kelapa diberi lubang untuk dipasang tali. Talinya bisa dari serat pohon pisang ataupun tali ijuk muda. Memilih tali dari serat pohon pisang ataupun tali ijuk muda ini karena keduanya memiliki kelenturan dan juga kuat sehingga dapat memudahkan dalam bermain Kelom Batok.

Cara bermainnya, Si pemain Kelom Batok berjalan menggunakan batok kelapa sebagai alas dan berpegangan dari seutas tali yang terikat dengan batok kelapa tersebut, sehingga si pemain dapat berjalan dan mengatur naik turunnya kaki.

Dalam permainan Kelom Batok, pemain  tak hanya memerlukan keseimbangan dan ketahanan tubuh saja tetapi juga fisik serta strategi dalam memainkannya. Pemain terbaik adalah pemain yang batoknya punya harmoni nada dan nyaring bunyinya.

Menurut Mohammad Zaini Alif seorang penulis buku tentang permainan anak. Permainan tradisional ini tidak hanya identik dengan kenangan yang menyenangkan, berkumpul di suatu tempat dan memanfaatkan benda-benda di sekitar, hingga bersenda gurau dengan sesama saja, melainkan juga memiliki makna mendalam. Bahwa di dunia ini manusia tidak bisa apa-apa tanpa memiliki pegangan yang kuat, begitu memiliki pegangan yang kuat maka bisa berdiri bahkan bisa berlari.