Kelapa Gading, Kampung

Kelapa Gading merupakan salah satu tempat di wilayah Jakarta Utara. Tempat ini menjadi salah satu ikon bagi Pemkot Jakarta Utara. Di wilayah ini berdiri kompleks-kompleks perumahan mewah, apartemen, dan beberapa mal serta pertokoan. Dahulu Kelapa Gading merupakan daerah rawa-rawa atau dataran rendah yang selalu kebanjiran bahkan menjadi langganan penampungan air hujan. Namun kini telah menjadi salah satu kawasan elit di Jakarta. Kawasan Kelapa Gading memiliki fasilitas berupa taman yang dapat digunakan warga untuk berolahraga, yakni Taman Jogging. Taman Jogging Kelapa Gading 2 Summarecon berdiri di jalan Boulevard Timur. Taman ini dibangun dan dikelola oleh pihak Summarecon selaku pengembang kawasan Mal Kelapa Gading sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) ke masyarakat umum. Taman Jogging Kelapa Gading 2 dilengkapi dengan jogging track, jalur batu untuk relaksasi kaki, alat olahraga dan fitness, arena bermain anak, tempat duduk, toilet umum, dan tempat sampah organik dan nonorganik.

 

 

Taman Jogging Kelapa Gading 2 Summarecon

Sumber: https://www.beritasatu.com

 Pada tahun 2019 ini, kawasan Kelapa Gading memiliki transportasi baru yaitu Light Rail Transit (LRT). Transportasi ini diresmikan pada bulan Maret 2019. LRT Jakarta membentang sepanjang 5,8 km dari Kelapa Gading menuju Velodrome. Tarif sebesar Rp 5.000 belum termasuk biaya menyambung perjalanan dengan TransJakarta.

Nama Kelapa Gading diambil dari nama pohon kelapa yang tumbuh di daerah tersebut. Jenis varietas kelapa dengan nama latin cocos nudfera var ebunea. Pohon ini memiliki ciri tidak terlalu tinggi, batangnya sedang, buahnya relatif kecil, dan berwarna kuning gading. Jenis pohon kelapa ini pada masa itu tumbuh di rawa-rawa dan kebun warga, karena jumlahnya banyak dan luas maka daerah tersebut diberi nama Kelapa Gading. Ciri khas daerah tersebut masih dipertahankan dengan pohon kelapa gading yang banyak tumbuh di pinggir jalan raya menuju Mal Kelapa Gading. Pohon-pohon tersebut terlihat tumbuh subur dan sisanya meranggas tanpa buah.