Kali Grogol, Kali Besar

Kali Grogol adalah sungai yang mengalir di bagian barat Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia.  Bagian hilir sungai asalnya sudah dibentuk menjadi kanal-kanal dengan pintu-pintu air di sepanjang tepiannya, tetapi masih menjadi ancaman sumber banjir. Bangunan-bangunan liar di pinggir-pinggirnya sudah diratakan tanah pada tahun 2014,  dan paling sedikit 58 keluarga sudah diberikan perumahan pengganti.

Kali Grogol bermata air pada titik 06°33′39″S 106°47′26″E di Desa Kedungbadak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dan mengalir ke arah utara di antara Kali Krukut di sebelah timurnya dan Kali Pesanggrahan di sebelah baratnya, di sebelah utara Kali Sekretaris dari arah barat. Sungai ini melintasi Desa Sukadamai dan Desa Kencana. Setelah bersimpangan dengan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta, alirannya sejajar di sisi timur Rute 12. Pada titik 06°15′41″S 106°47′07″E terdapat suatu kanal pengaliran banjir ke arah barat sampai ke Kali Pasanggrahan. Aliran sungai terus ke utara melalui Senayan City dan di sisi barat Stadion Utama Gelora Bung Karno. Merupakan saluran pembuangan air dari Kecamatan Palmerah.  Mulai dari Bank Danamon Central Park sungai ini mengalir sejajar dengan Rute 1 sampai titik 06°10′02″S 106°47′16″E di mana saluran banjir lain mengarahkannya ke barat untuk bergabung dengan Kali Sekretaris, sedangkan sungai yang sudah dibangun menjadi kanal ini meneruskan di samping Rute 1 bermuara ke Kali Angke pada titik 06°08′10″S 106°47′07″E.

Kali Grogol di Jakarta panjangnya 23,45 kilometer (14,57 mi), dengan Daerah Pengaliran Sungai (DPS) seluas 32,08 km². Curah hujan harian rata-rata sebesar 144 mm, dan debit puncak 290 m³.

Sungai ini mengalir di wilayah barat laut pulau Jawa yang beriklim hutan hujan tropis (kode: Af menurut klasifikasi iklim Köppen-Geiger).  Suhu rata-rata setahun sekitar 27 °C. Bulan terpanas adalah Maret, dengan suhu rata-rata 30 °C, and terdingin Mei, sekitar 26 °C. Curah hujan rata-rata tahunan adalah 3674 mm. Bulan dengan curah hujan tertinggi adalah Desember, dengan rata-rata 456 mm, dan yang terendah September, rata-rata 87 mm.

Sejak bulan Agustus 2018  Kali Gorol mulai dinormalisasi dengan membangun turap.  Tujuannya untuk mengatasi masalah banjir yang kerap terjadi di kawasan Palmerah. Normalisasi kali grogol ini dilakukan sepanjang 1.600 meter. Kali Grogol segmen Palmerah-Kemanggisan ini  dinormalisasi lantaran sisi-sisinya memiliki tebing  srtinggi 4 meter.   Dengan kondisi kedua sisi akan terbangun sheetpile menggunakan rumput.

Sebelumnya sheetpile telah terpasang di kawasan kali grogol dengan ruas depan trisakti. Sementara dari Trisakti-Mall Season City sheetpile telah terpasang lama.  Sheetpile  dipasang mulai dari Palmerah-Kemanggisan. Sheetpile dibangun di sisi sisi sungai agar tanah tidak longsor. Sementara, grassblock dipasang di bagian atas sheetpile guna penyerapan air.