JOANNES CAMPHUYS

Joannes Camphuys merupakan Gubernur Jenderal VOC ke-15 (11 Januari 1684 hingga 24 September 1691). Camphuys menggantikan Gubernur Jenderal sebelumnya, Cornelis Speelman. Camphuys memiliki tanggal kelahiran dan tanggal kematian yang sama. Camphuys lahir di Haarlem, The Haque, Belanda pada tanggal 18 Juli 1634 dan meninggal dunia pada tanggal 18 Juli 1695 di Batavia dalam usia 61 tahun.

 

Semasa muda Camphuys pernah magang di sebuah perusahaan di Amsterdam. Pada 1 November 1652,Camphuys berlayar menuju Batavia menggunakan kapal Lastdrager sebelum akhirnya kapal yang ditumpanginya karam di kepulauan Shetland pada 2 Maret 1653. Camphuys kemudianmelanjutkan perjalanannya ke Batavia pada 23 Agustus 1653 dengan kapal Dragon Gilded.

 

Camphuys memulai karirnya di VOC dengan menjadi petugas pada kantor Sekretariat Jenderal VOC selama 11 tahun. Dirinya kemudian menjadi pedagang bahkan sempat menjabat sebagai kepala pedagang pada tahun 1670 dan 1671. Selanjutnya Camphuys menjadi kepala urusan dagang di Dejima, Jepang selama setahun sebelum kembali lagi ke Batavia.

 

Sebelum menjabat sebagai Gubernur Jenderal, Camphuys sempat mendapat kepercayaan sebagai Sekretaris Gubernur Jenderal (1677), Konsul Luar Biasa untuk Hindia (1678) dan anggota Dewan Hindia (1681).

 

Pada masa Camphuys menjabat sebagai Gubernur Jenderal bisa dibilang sebagai masa damai di Nusantara karena nyaris tidak ada pemberontakan maupun perlawanan berarti dari kerajaan-kerajaan di Nusantara. Camphuys memerintahkan pembukaan kantor dagang VOC di Lianyungyang, Ningbo, Xiamen dan Guangzhou untuk urusan perdagangan di luar negeri.

 

Pada tanggal 17 Desember 1690 Camphuys mengajukan pengunduran diri sebagai Gubernur Jenderal namun baru sembilan bulan kemudian atau pada tanggal 24 September 1691 jabatan tersebut diserahkan kepada penggantinya, Willem van Outhoorn. Pemerintahan Camphuys dianggap gagal mengatasi sejumlah permasalahan, khususnya korupsi di kalangan pejabat pemerintah.

 

Usai pensiun, Camphuys yang tidak pernah menikah dan tidak memiliki anak tersebut memilih tinggal di rumah pribadinya yang sangat besar di kawasan pulau Edam, Kepulauan Seribu. Camphuys meninggal dunia tepat di hari ulang tahunnya pada tanggal 18 Juli 1695 di Batavia dalam usia 61 tahun.

 

Pemakamannya dilakukan dalam sebuah upacara kebesaran. Sebanyak 229 suara tembakan meriam mengiringi pemakamannya yang terletak di halaman gereja Belanda, Kruiskerk di Batavia.