JENDERAL SUDIRMAN ISTANA MERDEKA, PATUNG

Patung Jenderal Sudirman di Istana Merdeka ditempatkan pada ruang serambi belakang dan menghadap ke arah ruang resepsi yang merupakan ruang tengah pada bangunan Istana Merdeka. Pada awalnya ruang serambi belakang merupakan ruang serambi terbuka namun  kemudian ditutup pada masa pemerintahan Presiden Soeharto dengan dinding dan pintu yang menyesuaikan gaya arsitektur bangunan semula. Renovasi ini dilakukan pada tahun 1997. Ruangan ini memiliki luas 74,21 meter persegi. 

Patung Jenderal Sudirman berukuran cukup besar mengenakan pakaian ciri khasnya dengan bentuk pose sedang berdiri tegap dan tangan kanannya memegang tongkat. Pada bagian bawah patung tersebut terdapat plakat berisi keterangan patung tersebut. Tidak diketahui persis sejak kapan patung tersebut berada di dalam Istana Merdeka namun pada tahun 2013 (masa Presiden SBY) patung tersebut memang sudah menempati posisinya seperti saat ini. 

Mengingat patung Jenderal Sudirman terletak di dalam bangunan Istana Merdeka, patung ini tidak bisa dilihat bebas oleh umum dan hanya tamu khusus dan undangan resmi dari pihak Istana yang memungkinkan untuk melihat patung tersebut dari jarak dekat. Masyarakat umum mulai mengetahui keberadaan patung ini pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dimana beliau sering mengundang dan menerima kunjungan tamu di teras serambi belakang Istana Merdeka yang diliput oleh media. Pada saat itulah, pintu ruang serambi belakang turut dibuka dan langsung tampak bagian belakang patung Jenderal Sudirman.