Jembatan Kerang Hijau, Bangunan

Jembatan Kerang Hijau ini menggantung di atas Kali Penghubung Bendungan Melayu. Menghubungkan antara RT 011 di RW 05 Kelurahan Tugu Selatan dengan RW 01 Kelurahan Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara. Jembatan sepanjang 10 meter dengan lebar dua meter ini mengambil tema kerang hijau karena sesuai dengan karakteristik Jakarta Utara sebagai wilayah pesisir. Jembatan ikonik ini dibangun sejak tanggal 14 Agustus 2019 dan konstruksinya selesai pada 14 September 2019 oleh Sudin Bina Marga Jakarta Utara atas permintaan warga untuk memperbaiki jembatan yang lama sudah tidak layak pakai.

Awalnya rencana pembangunan jembatan tersebut berawal dari usulan warga kepada Sudin Binamarga Jakarta Utara pada bulan Maret 2019 yang menghendaki adanya jembatan baru yang lebih layak karena jembatan yang lama kondisinya sudah memprihatinkan. Sudin Binamarga sempat datang untuk melakukan pengecekan lapangan namun sayangnya setelah itu tidak ada kelanjutannya. Hal itu membuat Ketua RT 011, Asmarudin akhirnya menerima tawaran bantuan dari salah seorang warganya untuk memperbaiki jembatan tersebut secara swadaya. Pada bulan Agustus 2019 ternyata Sudin Binamarga kembali untuk melanjutkan rencana pembangunan. Mengetahui di lokasi sudah berdiri jembatan baru akhirnya Sudin Binamarga dan warga sepakat untuk membangun jembatan baru masih di wilayah tersebut sesuai Surat Keputusan (SK) pembangunan jembatan yang diterbitkan tertera pada wilayah RT 011 /RW 005 Tugu Selatan.

Jembatan yang akhirnya dibangun Sudin Bina Marga Jakarta Utara ternyata berbentuk modern menyerupai bentuk kerang hijau dan merupakan jembatan penghubung pertama di Jakarta Utara yang menggunakan konsep dan model tersebut.