Jamz Blok M, Bangunan Umum

JAMZ atau Jakarta Blok M Jazz merupakan kelab musik tempat berkumpulnya pecinta musik jazz di Jakarta tahun 1990-an yang juga merupakan restoran dan cafe yang memiliki ciri khas selalu menyajikan pertunjukan musik jazz. Jamz terletak di kawasan Blok M, Kebayoran Baru Jakarta Selatan tepatnya di seberang pertokoan Blok M Plaza menempati bangunan sebuah ruko berlantai tiga. Pada bagian depannya terdapat kanopi berwarna hijau yang bertuliskan “Jamz”. Jamz memiliki ciri khas logo berbentuk huruf “J” yang menyerupai alat musik saksofon yang merupakan alat musik khas Jazz.

 Jamz didirikan oleh pengusaha Peter F. Gontha yang sejak lama dikenal sebagai seorang maniak musik jazz. Peter F. Gontha juga merupaka n pemrakarsa ajang Jak Jazz yang kemudian kini berkembang menjadi Java Jazz Festival. Sejumlah musisi Jazz dunia pernah tampil di Jamz, diantaranya Bob James, Chick Corea sampai Keith Jarrret. Tanpa disangka pecinta musik Jazz sangat merespons kehadiran kelab ini sehingga manajemen memutuskan membuka cabang di kota lain yakni Bandung dan Surabaya. Jamz Blok M sendiri sangat dikenal oleh pecinta musik jazz bahkan hingga mancanegara. Pada awal tahun 1990-an, iklan tantang informasi musisi serta jadwal pertunjukan musik jazz yang akan tampil di Jamz sering muncul dan dapat dilihat di stasiun televisi swasta RCTI karena kebetulan saat itu Peter F. Gontha memang menjadi bagian dari pimpinan manajemen RCTI.

 Seiring perkembangan waktu dimana Jamz Blok M dianggap sudah tidak representatif dan terlalu kecil, Jamz pindah lokasi ke Hotel Aston Lippo Sudirman Grand Suite, Jl. Garnisun Dalam 8 Sudirman Jakarta Selatan. Sayangnya pamor Jamz kemudian mulai meredup pada awal tahun 2000-an dan akhirnya pada tahun 2011 Jamz berhenti beroperasi.  Bangunan Jamz Blok M sendiri sudah lama beralih fungsi menjadi ruko komersil seperti bangunan-bangunan di sampingnya.