Jamila Dan Sang Presiden, Perfilman

Jamila Dan Sang Presiden merupakan judul Film Drama Indonesia yang di produksi oleh MVP Pictures bekerjasama dengan Satu Merah Panggung. Film yang diadaptasi dari sebuah drama Teater bertajuk “Pelacur dan Sang Presiden”  karya Ratna Sarumpaet ini, berdurasi 99 menit dan rilis pada 30 April 2009.

Film ini, berkisah tentang seorang gadis bernama Jamila (Atiqah Hasiholan) yang menjadi korban “Perdagangan Manusia". Jamila di jual ayahnya ketika berusia Sepuluh Tahun, kemudian Jamila kabur pada ibunya. Oleh Ibunya Jamila dikirim ke kota, ke tempat salah seorang teman ibunya. Disana Jamila di sekolahkan, namun sayangnya suami dan anak dari teman ibunya merampas kehormatannya ketika Ia masih sangat belia.

Jamila tiba-tiba menjadi Headline di semua Pemberitaan Nasional. Ia mengaku membunuh seorang Menteri bernama Nurdin, di sebuah kamar Hotel. Kemudian, Jamila di jebloskan ke penjara yang dipimpin oleh sipir perempuan yang sangat ditakuti, Ibu Ria (Christine Hakim). Dengan segera Jamila menjadi buah bibir, bukan hanya karena ia telah membunuh seorang Pejabat Tinggi tapi juga karena status Jamila yang seorang pelacur.

Namun anehnya, Jamila menolak mengajukan pengampunan kepada Presiden, Ia hanya ingin bertemu dengan Presiden, namun Presiden tak kunjung mengabulkan permintaannya. Persidangan Jamila pun menjadi panas dan semakin kontroversial dengan kemunculan kepala golongan fanatik (Fauzi Baadilla) yang mati-matian menentang pengampunan dari Presiden. Dan konflik di dalam penjara dengan Ibu Ria makin meruncing, sementara tekanan dari luar juga menjadi tidak tertahankan. Jamila semakin terpuruk, hukuman matinya semakin dekat.

Film Jamila Dan Sang Presiden terpilih masuk kompetisi pada Asiaticafilmmediale (Festival Film Asia) ke-10 di Roma, Italia. Asiaticafilmmediale adalah Festival Film tahunan yang diselenggarakan Asosiasi Kebudayaan Mnemosyne, bekerja sama dengan Kementerian Kebudayaan Italia dan Pemerintah Kota Roma.

 

Produser Ratna Sarumpaet, Syahril Kahar, Raam Punjabi
Sutradara Ratna Sarumpaet, Sam Sarumpaet
Penulis Ratna Sarumpaet
Pemeran Fauzi Baadilla, Surya Saputra, Atiqah Hasiholan, Marcellino Lefrandt, Adjie Pangestu, Christine Hakim, Eva Celia Latjuba, Ria Irawan, Joshua Pandelaki, Aida Nurmala, Ade Irawan, Dwi Sasono, Jajang C Noer, Amyra Jessica