Jakarta Night Festival

JAKARTA NIGHT FESTIVAL merupakan acara puncak peringatan HUT DKI Jakarta ke-492, yang di kemas dengan berbagai kegiatan hiburan. Di selenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Kawasan Bundaran HI Jakarta. Mulai pukul 17.00 WIB.

Beberapa ruas jalan ditutup demi menyambut Jakarta Night Festival ini, yakni:  Ruas Jalan MH Thamrin sisi Timur dan Barat (dari Simpang Sarinah sampai dengan Bundaran Hotel Indonesia): Jalan Jenderal Sudirman sisi Barat (dari Dukuh Atas sampai dengan Bundaran Hotel Indonesia): Ruas Jalan Imam Bonjol (dari Bundaran Hotel Indonesia sampai dengan simpang jalan H. Agus Salim.

Tema yang di usung pada JNF 2019 kali ini adalah Modern dan Tradisional, guna melestarikan budaya Lokal. Melalui paduan unsur kebudayaan Betawi dan kecanggihan teknologi.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara serempak. Uniknya, prosesi ini dipimpin langsung oleh Suminto, anggota Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan Pemprov DKI Jakarta. Selepas menyanyikan lagu "Indonesia Raya", acara dilanjutkan dengan penampilan organ tunggal, masih dari unsur Pemprov DKI Jakarta. Sebuah penampilan yang nyaris selalu ada dalam hajatan-hajatan Betawi.

Dalam acara ini, di sediakan pula panggung megah yang menggunakan ornamen khas Betawi, di antaranya Ondel-ondel. Panggung digunakan untuk menampilkan sejumlah artis-artis Ibukota. Kemudian dimeriahkan pula oleh tarian kolosal yang menampilkan 100 orang penari.

Selain itu JNF di meriahkan pula oleh pertunjukan Video Mapping yang menampilkan Sejarah Kota Jakarta, mulai dari Jakarta Tempo Doeloe hingga wajah baru Jakarta yang menampilkan Moda raya Terpadu (MRT). Video ini berdurasi 5 hingga 10 menit.