Istana Wakil Presiden, Bangunan Khas

Istana Wakil Presiden merupakan bangunan kantor kerja Wakil Presiden RI yang terletak di Jl. Medan Merdeka Selatan No. 6, Jakarta Pusat. Bangunan Istana Wakil Presiden bersebelahan dengan gedung Kedutaan Besar Amerika Serikat dan gedung Balaikota Jakarta yang merupakan kantor kerja Gubernur DKI Jakarta. Berbeda dengan Istana Merdeka maupun Istana Negara, bangunan Istana Wakil Presiden ukurannya lebih kecil dan sekilas mirip dengan bangunan Balaikota Jakarta. Pada bagian depan Istana Wakil Presiden terdapat dua kolam air mancur.

Pada awalnya Istana Wakil Presiden ini merupakan bekas kediaman Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang dijadikan sebagai Istana Wakil Presiden sekaligus kantor Sekretariat Wakil Presiden saat dirinya diangkat menjadi Wakil Presiden periode 1973 - 1978. Pada masa Wakil Presiden Adam Malik, bangunan tersebut kemudian diperluas dengan membuat tembusan akses belakang ke Jl. Kebon Sirih No. 14, Jakarta Pusat yang sebelumnya merupakan gedung Pengadilan Militer. Dalam perluasan Istana Wakil Presiden tersebut turut dibangun gedung baru yang kini dikenal sebagai gedung Dharma Wanita Persatuan Sekretariat Wakil Presiden yang terhubung dengan Auditorium Istana Wakil Presiden.

 Komplek Istana Wakil Presiden ini juga memiliki sebuah Masjid dengan arsitektur modern yang letaknya dekat dengan akses masuk Jl. Kebon Sirih. Bagi pegawai, tamu dan pengunjung umum Istana Wakil Presiden harus menggunakan akses masuk melalui Jl. Kebon Sirih karena sesuai aturan protokol akses gerbang utama Jl. Medan Merdeka Selatan hanya boleh dilalui oleh Presiden, Wakil Presiden dan tamu negara penting lainnya meskipun dalam kondisi tertentu masyarakat diizinkan melewati gerbang utama seperti pada saat berlangsungnya acara Open House lebaran yang diadakan oleh Wakil Presiden.