Inul Daratista, Patung

Patung Inul Daratista merupakan patung yang menggambarkan sosok penyanyi dangdut wanita asal Pasuruan Jawa Timur, Inul Daratista. Inul berhasil meraih kesuksesan setelah goyang ngebornya menjadi fenomena dalam dunia musik dangdut pada awal tahun 2000-an. Patung tersebut merupakan hadiah sumbangan dari Inul kepada warga perumahan kawasan elite Pondok Indah, Jakarta Selatan yang merupakan kawasan tempat tinggalnya. Patung tersebut awalnya dipasang tepat di depan kediaman Inul, Jl. Kartika Utama Pondok Indah, Jakarta Selatan bersama dengan sejumlah patung karya seni lainnya yang sudah ada sebelumnya di sepanjang jalan tersebut. 

Kontroversi dan Penolakan

Patung Inul pertama kali dipasang pada tanggal 7 November 2007 lengkap dengan pondasinya dan langsung menjadi pusat perhatian setiap warga yang melintas karena berada di lokasi yang terbuka. Patung yang bentuknya seolah menggambarkan sosok penyanyi wanita berpose dengan goyang ngebor khas Inul tersebut langsung mendapat sorotan dan kritikan dari masyarakat karena dianggap terlalu porno dan mengumbar keseksian. Menanggapi kritikan yang muncul dari masyarakat, patung Inul kemudian ditutupi dengan kain dan bahkan sempat dijaga oleh sejumlah aparat kepolisian dan tentara karena adanya ancaman pembongkaran paksa dari salah satu ormas (organisasi masyarakat) tertentu yang tidak setuju dengan keberadaannya.

Patung Inul akhirnya benar-benar dibongkar dan dipindahkan pada tanggal 12 November 2007 atas perintah Ketua RT setempat, Warsito Sanjoto untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Patung tersebut kemudian dibawa dan disimpan di rumah Warsito Sanjoto. Sedianya patung tersebut akan diresmikan pada tanggal 13 November 2007, namun tidak pernah terealisasi.