INACRAFT, PAMERAN

Jakarta International Handicraft Trade Fair yang berikutnya disebut INACRAFT merupakan salah satu pameran industri kerajinan terbesar yang dilaksanakan di Jakarta setiap tahunnya. INACRAFT pertama kali diselenggarakan pada April tahun 1999. Lebih dari 500 peserta pameran berpartisipasi pada setiap tahunnya. INACRAFT hadir di Jakarta digagas oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia berikutnya disebut ASEPHI yang berdiri sejak 5 April 1975. ASEPHI merupakan wadah bagi produsen dan eskportir handicraft Indonesia.

ASEPHI didirikan dengan tujuan mengakomodir harapan dan aspirasi perajin, pengusaha handicraft dan mendorong jiwa kemandirian hingga menjadi pengusaha profesional yang tangguh sekaligus mendukung sukses program pembangunan ekonomi nasional. Deretan nama-nama penting yang tergabung dalam Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) seperti Rudy Lengkong, H. Sjahroel Sjamsoedin, Sukartono, Thamrin Bustami, Bramantyo W. dan Hariman T. Zagloel merupakan tokoh penggagas yang melahirkan INACRAFT.

Kini INACRAFT telah menjadi sebuah ajang pameran yang tidak saja bergensi, namun juga secara tidak langsung dapat ikut serta menggerakkan perekonomian Indonesia dari tahun ke tahun. Berbagai kerajinan seperti keramik, anyaman, kaca, sepatu, tas dan aneka hiasan dipamerkan sekaligus diperjualbelikan pada acara ini. Kehadiran INACRAFT juga menjadi primadona bagi para perajin atau pengusaha kriya, bahkan ditunggu para buyers atau peminat handicraft mancanegara. Pameran ini memberi dampak naiknya nilai ekspor kerajinan tangan Indonesia.