Ibunda, Perfilman

Ibunda adalah judul Film karya Teguh Karya yang di buat pada tahun 1986. Film ini menceritakan kisah tentang seorang ibu bernama Rakhim (Tuti Indra Malaon, seorang janda priyayi, yang mempunyai tiga orang anak bernama Farida (Niniek L. Karim) , Fikar (Alex Komang), dan Fitri (Ria Irawan. Masing-masing anak memiliki konflik hidup yang secara tidak langsung menuntut sang ibu untuk terlibat.

Rakhim (Tuti Indra Malaon), selalu bersikap mengambil alih beban hidup anak-anaknya. Sebenarnya ia ingin membagi beban pada anak tertuanya, Farida (Niniek L. Karim), tapi tak selalu bisa karena kesibukannya. Apalagi ia bukan orang yang disenangi anak-anaknya karena terlalu pengatur.

Beban tadi akhirnya lebih banyak dibagi bersama seorang mahasiswa yang kos di rumahnya dan pembantunya. Beban yang di hadapi Rakhim antara lain: Fitri (Ria Irawan) yang hampir seluruh keluarga tak setuju pacaran dengan pemuda Irian, Luke (Onny Mayor); Fikar (Alex Komang), anak lain yang berprofesi sebagai pemain film dan jatuh ke pelukan seorang tante, hingga lupa sudah punya istri dan anak. Ada juga beban lain: cucunya yang  morfinis.

Secara keseluruhan film ini berusaha untuk menunjukkan sisi psikologi seorang ibu dalam menghadapi persoalan keluarga. Selain itu, film ini juga ingin mengingatkan penonton pentingnya arti seorang ibu dalam sebuah keluarga. Berkat ceritanya, film “Ibunda” mampu menyabet sembilan penghargaan Piala Citra dalam Festival Film Indonesia tahun 1986.

Produser R Soenarso
Sutradara Teguh Karya
Penulis Teguh Karya
Pemeran Tuti Indra Malaon, Niniek L Karim, Ria Irawan, Onny Mayor, Alex Komang