Hutan Kota Situ Rawa Dongkal, Wisata Alam

 

Hutan kota Situ Rawa Dongkal, ditetapkan atas persetujuan Departemen Pekerjaan Umum (Dirjen Pengairan). SK-nya diperbarui melalui SK Gubernur DKI Jakarta Nomor 207/2005 tanggal 3 Pebruari 2005. Pembangunan hutan kota ini dinilai strategis karena berada di wilayah resapan air.

Luas kawasan hutan kota berdasarkan penetapannya 3,28 Ha, yang secara geografis terletak pada 6O23’6” LS dan 106O45’11” BT. Berdasarkan wilayah administrasi pemerintahannya, kawasan ini termasuk dalam wilayah kota Jakarta Selatan, Kecamatan Jagakarsa. Untuk mencapai kawasan ini, dapat ditempuh melalui jalan Raya Ciganjur Jakarta Selatan.

Kawasan hutan kota ini, terbentuk dalam satu kesatuan areal yang kompak diantara pepohonan dengan Situ-Situ. Jenis ini untuk melerai berbagai jenis pencemaran udara dan berfungsi sebagai resapan air. Dalam rencana pengembangannya kawasan ini akan diupayakan dengan berbagai macam jenis, namun hingga kini baru Mahoni (sweitania mahagoni), Ketapang (terminalia catapa), Trembesi (samanea saman), Angsana (pterocarpus indicus), Flamboyan (delonix regia), Bungur (lager stromea speciosa), Kirai payung (filicium deficien), Glondogan (plyanthia sp), Tanjung (mimomosops elengi), Bambu apus (bambusa sp), Kaya (kaya anthoteca).

Kawasan hutan kota ini selain berfungsi sebagai kawasan resapan air, penyangga lingkungan permukiman, sangtuari satwa, koleksi pelestarian plasma nutfah, dan wahana rekreasi/wisata. Selain sebagai daerah penampung air di ruang terbuka hijau, warga juga dapat memanfaatkan hasil perairan Rawa Dongkal berupa ikan dan udang. Kawasan seluas 32.812 meter persegi ini juga memiliki banyak pepohonan yang menjadi penyangga dan penyaring udara Ibu Kota di antaranya Mahoni, Ketapang, Trembesi dan Angsana.

Keberadaan Hutan Kota Rawa Donggal seakan menjadi oase keindahan alam bagi warga di tengah padatnya pembangunan Ibu Kota. Suasana alam nan asri di kawasan Hutan Kota Situ Rawa Dongkal, Jalan Tidar Bukit Permai, Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur. Fasilitas yang ada di hutan kota ini berupa pagar pengaman dan plang peringatan.