HUTAN KOTA GBK, WISATA ALAM

Oase di Pusat Kota Jakarta

Hutan kota di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat adalah alternatif wisata masyarakat Jakarta yang merindukan suasana sejuk dan bebas asap polusi. Hutan kota itu dibangun di bekas lapangan golf driving range seluas 4,6 hektar. Pembangunan hutan kota  dimulai sejak Mei 2016.

Akses masuk hutan kota bisa melalui pintu 5 GBK, tepat di seberang fX Sudirman. Suasana sejuk sudah terasa begitu tiba di hutan kota. Angin semilir dan suara kicauan burung memanjakan para pengunjung, meskipun lokasinya tepat di samping ruas Jalan Sudirman. Pohon-pohon setinggi tak lebih dari enam meter, rerumputan hijau, dan bunga-bunga segar memberikan kesan rindang pada kawasan itu. Terdapat jalan beraspal menuju seluruh spot dalam kawasan huta kota tersebut. Ada juga jogging track yang mengitari kawasan hutan kota.

Berdasarkan papan petunjuk informasi, ada 10 titik fasilitas yang tersedia dalam kawasan hutan kota, yakni gerbang masuk dan keluar, kios komersil, pos keamanan, taman amphiteater, kolam trembesi, plaza utama, ruang ganti, toilet publik, amphiteater utama, dan cofftea house. Pada papan informasi tertulis peringatan dilarang membuat sampah sembarangan. Tersedia tong sampah untuk sampah organik dan non-organik di setiap titik fasilitas hutan kota.

Fasilitas kolam trembesi dibangun dengan dilengkapi air terjun mini serta bebatuan berukuran kecil dan sedang. Suara gemercik air menambah suasana rindang dalam kawasan itu.

Kawasan hutan kota ramai pengunjung saat akhir pekan. Pengunjung biasanya didominasi keluarga yang membawa serta anak-anak.