HUSEIN BADJEREI

H. Husein Bajerei adalah wartawan, politisi dan tokoh budayawan Betawi. Husein lahir di Gang Krukut Gang Petasan, Jakarta pada tanggal 21 April 1933. Husein tertarik dengan dunia jurnalistik sejak muda. Sepanjang karirnya, Husein sudah bergabung dengan sejumlah media diantaranya Pemuda Masyarakat, Gema Pemuda Al –Irsyad, Media HMI, Suara Al-Irsyad, Ihya Ulumiddin, PENA, Harian Pelita, Media Persatuan dan Penerbitan Alam’arif.

 

Selain kesibukannya dalam dunia jurnalistik, Husein cukup aktif dalam sejumlah kegiatan organisasi bahkan pernah menduduki sejumlah posisi penting, diantaranya Ketua Penerangan dan Publikasi Bagian Kesenian Dewan Mahasiswa UI, Ketua Departemen Penerangan PB HMI masa kepengurusan Ismail Hasan Metareum SH, anggota Dewan Pertimbangan Perserikatan Organisasi-organisasi Islam Seluruh Indonesia (PORPISI), anggota Dewan Pertimbangan BKS Pemuda-Militer dan Front Nasional Pembebasan Irian Barat Pusat, Sekretaris Departemen Penerangan & Penerbitan DPP PPP dan anggota Biro Perencanaan Lajnah Pemilu PPP (LP-4) Pusat.

 

Husein juga aktif dalam kegiatan politik. Husein pernah menjadi kandidat anggota DPR-RI yang diajukan Parmusi untuk Pemilu 1971 dan calon anggota DPR/MPR dari PPP untuk Pemilu 1992 dari daerah pemilihan DKI Jakarta. Husein wafat pada tahun 2005. Budayawan Betawi, Ridwan Saidi menulis tentang kisah hidup Husein Badjerei dalam bukunya yang berjudul Anak Krukut.