H. Lukmanul Hakim, Se, Tokoh

H . Lukmanul Hakim, S.E. adalah Caleg DPRD Provinsi DKI Jakarta periode 2019-2024 dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk  Dapil DKI Jakarta 9. Lukmanul Hakim menggunakan No. Urut: 2 Lolos Pemilu 2019 dengan memperoleh jumlah suara : 14.155.  Ia pun ditunjuk sebagai Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional DPRD DKI Jakarta 2019-2024. 

Menyoroti dua tahun kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan,  Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD DKI Jakarta 2019-2024, Lukmanul Hakim, mengatakan permasalahan ketersediaan air bersih di ibu kota masih terasa di beberapa wilayah di Jakarta. Bahkan menurut Bung Hakim (sapaan akrab Lukmanul Hakim), masih ada warga yang menggunakan air kali untuk kebutuhan setiap harinya. Di Kalideres itu, warga yang tinggal di sekitar Kali Maja bertahun-tahun masih mencuci menggunakan  air kali. Menurutnya hal seperti ini sudah seharusnya tidak terjadi lagi, karena air bersih adalah kebutuhan utama warga ibu kota.

FPAN DKI memang konsisten menyoroti masalah air bersih. Menurut Hakim, FPAN DKI mendukung langkah Pemprov DKI yang akan membangun 1.000 tangki septik bersubsidi, terutama di kawasan permukiman padat penduduk. Beberapa waktu lalu, FPAN DKI menyoroti soal warga Jakarta Barat yang tidak memiliki tangki septik, sehingga kotoran dari jamban rumah mereka langsung mengalir ke kali. Sanitasi sehat sangat diperlukan agar sungai-sungai di Jakarta tidak tercemar bakteri dan hal tersebut juga akan mempengaruhi terhadap kesehatan warga ibu kota.

Selain hal tersebut, FPAN DKI juga berharap agar Anies segera mempunyai pendamping. Karena menurut Bung Hakim, kosongnya orang kedua di DKI mengakibatkan terhambatnya kinerja Pemprov DKI.

Sejumlah media  memberitakan kalau Fraksi PAN DPRD DKI kini menjadi fraksi yang eksklusif dan tertutup karena baru pada periode 2019-2024 ini fraksi tersebut menggunakan fingerprint, sehingga selain pimpinan dan anggota fraksi, serta staf fraksi dan staf ahli, tidak dapat masuk. Wartawan pun kesulitan untuk memasuki fraksi tersebut ketika akan melakukan konfirmasi atau saat akan meminta tanggapan untuk masalah tertentu.

Sebelumnya, pada DPRD DKI Jakarta periode 2014-2019, PAN bergabung dengan Demokrat karena hanya memperoleh dua kursi pada Pilpres 2014. Kala itu Fraksi Demokrat-PAN memang tidak menggunakan fingerprint, sehingga wartawan pun bebas keluar masuk fraksi tersebut. Lukmanul Hakim, mengatakan, fraksinya terbuka untuk siapa saja, dan penerapan sistem fingerprint tidak dimaksudkan untuk membuat fraksinya menjadi tertutup dan eksklusif.

Profil Tokoh:

Nama                               : H. Lukmanul Hakim, SE

Tempat/tgl. Lahir               : Jakarta, 11 Oktober 1975

Agama                              : Islam

Istri                                  : Yus Putri Nanda Sari

 

Anak:

  1. Muhammad Farid.
  2. Muhammad Fazil.
  3. Fatimah Azzahra Mecca.

 

Pengalaman organisasi:

  • Wakil Bendahara Umum DPP PAN.
  • Barisan Muda DPP PAN.
  • KAHMI.
  • Karang Taruna.