H. Biem Triani Sueb Benjamin, B.sc. M.m, Tokoh

Biem Triani sueb Benjamin alias Biem Benjamin adalah politisi dari Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang kembali mencalonkan diri sebagai anggota legislatif di Pemilu 2019. Pria kelahiran Jakarta, 13 Maret 1964 itu tercatat dalam daerah pemilihan DKI Jakarta II. Biem merupakan anak ketiga dari seniman Benyamin Sueb. Ia juga dikenal sebagai seniman dan pengusaha yang sukses mengelola Bens Radio yang didirikan oleh ayahnya. Di PT Bergaya Nyanyi Imam Sejati (Bens Radio 106.2 FM), Biem sempat menjabat sebagai Direktur (1990-2004).

Sebelum terjun di dunia politik, Biem terbilang cukup aktif dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat Betawi. Tercatat, ia adalah penggagas Kongres Rakyat Betawi (KRB). Ayah tiga orang anak itu juga membangun Etnikom Network dengan jaringan 14 stasiun radio di wilayah Jawa dan Sumatera yang aktif mempromosikan budaya lokal, terutama Betawi. Di Etnikom Network, Biem menjabat sebagai Presiden Direktur sejak 2009 hingga 2014.

Acara Kongres Budaya Betawi tahun 2003 bersama beberapa tokoh masyarakat Betawi, Bang Biem begitu ia biasa dipanggil menjadi salah satu inisiator meminta perhatian kepada pemerintah pusat untuk memberikan perhatian khusus kepada Masyarakat Betawi yang merupakan penduduk asli yang mendiami Ibukota Negara Republik Indonesia, Jakarta. Selama ini demi menopang pembangunan Jakarta, orang Betawi sudah rela berkorban karena tergusur dari rumahnya. Jadi wajar kalau kita tuntut kepada pemerintah agar memberikan perhatian kepada mereka.  Biem juga  sempat dipanggil oleh Badan Intelejen Negara (BIN) ketika menggelar acara tersebut. Tiga belas tahun kemudian, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, beberapa bulan lalu, akhirnya menghasilkan Perda Pelestarian Budaya Betawi. Sebuah beleid yang sudah lama ditunggu kehadirannya karena menghargai orang Betawi dan budaya Betawi menjadi tuan di daerahnya sendiri. Terbayar sudah cita-cita perjuangan Biem menghelat acara Kongres Budaya Betawi tersebut.

Karir politik Biem Triani Benjamin bermula saat ia menjabat sebagai anggota DPD RI untuk masa jabatan 2004-2009. Pengalaman di DPD makin mengasah kepercayaan diri sosok Biem Benyamin dalam berpolitik. Prestasinya pun cukup membanggakan. Kala itu, Biem dipercaya menjadi Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rencana Perubahan Undang-Undang Nomor. 34 Tahun 1999 tentang Pemerintah Propinsi Daerah Khusus Ibukota Negara Republik Indonesia. Setahun kemudian pada tahun 2005, secara khusus Biem melakukan perjuangan judicial review agar calon perseorangan diberikan kesempatan melaju dalam pemilihan kepala daerah. Ini dilakukannya karena keinginannya untuk bisa maju dalam pemilihan kepala daerah melalui jalur independen. Hasilnya kini dapat dirasakan bersama yaitu dibolehkannya calon independen dalam pemilihan kepala daerah,

Pada tahun 2012, ia juga sempat mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, mendampingi Faisal Basri dalam pemilihan umum kepala daerah DKI Jakarta. Gagal di ajang tersebut, pada tahun pemilihan 2014 lalu, Ayah empat anak ini ikut ajang pemilihan anggota legislatif dengan menjadi caleg daerah pemilihan DKI Jakarta II (Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan Luar Negeri) mewakili Partai Gerindra. Berbeda dengan ajang Pilgub yang terdahulu, kali ini Biem berhasil masuk ke Senayan menjadi anggota Komisi XI DPR RI mewakili Partai berlambang Burung Garuda tersebut. Biem melihat Gerindra punya platform yang bagus dan menjunjung tinggi nilai kebangsaan, kemudian Gerindra juga berkomitmen penuh untuk mengangkat ekonomi kerakyatan. Dan ini adalah pertama kalinya Biem masuk partai politik, dan di berharap Gerindra menjadi partai terakhirnya.  

Pada Musdalub PAMMI DKI 2018  H Biem T Benyamin terpilih sebagai Ketua PAMMI DKI Jakarta.  Para anggota dan pengurus PAMMI DKI Jakarta berharap, dengan terpilihnya H. Biem T Benjamin. B. S .c M.M sebagai ketuanya bisa membawa perubahan yang banyak dan berarti buat PAMMI DKI 

Saat ini, lulusan Metropolitan States Collage, Amerika, itu masih menjabat sebagai anggota Komisi I DPR RI untuk periode jabatan 2014-2019. Biem juga merupakan bagian dari Badan Kerja Sama Antar Parlemen.

Nama Lengkap : H. Biem Triani Benjamin B.Sc. M.M.

Nama | Alias  : Biem Benyamin | Biem

Profesi           : Politisi

Agama           : Islam

Tempat Lahir  : Jakarta

Tanggal Lahir  : Jumat, 13 Maret 1964

Zodiac            : Pisces

Warga Negara :Indonesia

Ayah : Benyamin Sueb

Ibu : Nonnie

Istri : Wahyuning Prihatini