GUNDU LOBANG, PERMAINAN

Permainan ini adalah satu jenis permainan anak-anak yang menggunakan gundu atau kelereng dan lubang sebagai alat utamanya. Permainan ini untuk mengisi waktu ataupun mengusir rasa bosan, dan memerlukan tingkat keterampilan tertentu dan kemampuan berstrategi untuk mengumpulkan angka secepat mungkin sekaligus menghambat lawan dalam berbuat serupa. Biasanya dilakukan anak laki-laki, sekitar usia 6-11 tahun. Permainan ini dalam pelaksanaannya hanya memerlukan sebidang tanah yang relatif rata sebagai arena permainan bagi lenting melentingnya gundu secara agak bebas, kira-kira 3x3 m. Setelah itu disediakan sejumlah gundu sesuai dengan jumlah peserta. Kira-kira di tengah arena bermain atau tempat yang dirasa strategis, dibuat lubang di tanah berdiameter sekitar 2 cm dan sedalam 2 cm juga, agar gundu bisa menggelinding masuk dengan tidak terlalu mudah tapi juga tidak terlalu sulit.

Umumnya para pemain sudah mengerti dan memahami aturan-aturan dasar dalam permainan “gundu lobang”. Prinsip permainan gundu lobang adalah pertandingan pertandingan untuk mendapatkan angka satu demi satu sehingga mencapai jumlah akhir tertentu (game point). Dari sekian jumlah peserta, yang dinyatakan kalah hanya seorang saja yakni yang paling akhir belum mengumpulkan angka sejumlah game point. Sementara itu, peserta lain yang satu demi satu bisa mencapai game point dengan tidak menghiraukan urutan siapa yang lebih dulu dianggap sebagai pemenang yang berhak secara sama untuk memberikan hukuman seperti telah disepakati lebih dahulu sebelum mulai permainan, kepada seorang yang menjadi pihak yang kalah.

Jalannya permainan, kira-kira 4 atau 3 meter dari lobang di atas, dibuat satu garis pidian, yang berfungsi untuk membuka permainan. Pertama-tama semua harus melentingkan gacoan masing-masing dari garis pidian, sehingga masing-masing bisa berhenti sedekat mungkin ke lobang atau bahkan kalau bisa masuk. Siapa yang bisa menempatkan gacoannya paling dekat dengan lobang dialah peserta yang mendapat giliran pertama. Prinsip permainan "gundu lobang" adalah pertandingan untuk mendapatkan angka satu demi satu hingga mencapai jumlah akhir tertentu (game point). Dari sekian jumlah peserta, yang dinyatakan kalah hanya seorang saja, yang paling akhir dan belum mengumpulkan angka.

Namun sangat disayangkan permainan “gundu lobang” ini jarang terlihat bahkan hampir terlupakan bagi anak-anak yang tinggal dikota. Jadi kebanyakan hanya dapat ditemui dikampung-kampung saat-saat ada waktu luang saja.