Gorilla, Hewan

Gorila adalah jenis primata yang terbesar. Gorila berasal dari hutan tropis di Afrika. 97-98% DNA gorila identik dengan DNA manusia.Gorila adalah spesies kedua setelah simpanse yang terdekat dengan manusia. Ada dua spesies dalam genus gorila, yaitu gorila timur (eastern gorila) dan gorilla barat (western gorila).

Gorila menampilkan banyak perilaku dan emosi yang mirip manusia, seperti tawa dan kesedihan. Mereka bahkan membuat alat sendiri untuk membantu mereka bertahan hidup di hutan. Faktanya, gorila berbagi 98,3% dari kode genetik mereka dengan manusia, menjadikan mereka sepupu terdekat kita setelah simpanse dan bonobo. Yang terbesar dari kera besar, gorila adalah hewan kekar dengan dada dan bahu yang lebar, tangan yang besar, seperti manusia dan mata kecil yang tampak tidak berbulu.

Gorila hidup dalam kelompok keluarga yang biasanya terdiri dari 5 hingga 10, tetapi terkadang dua hingga lebih dari 50, dipimpin oleh laki-laki dominan yang memegang posisinya selama bertahun-tahun. Betina menjadi dewasa secara seksual sekitar tujuh atau delapan tahun tetapi tidak mulai berkembang biak sampai beberapa tahun kemudian. Laki-laki dewasa pada usia yang lebih besar. Begitu seekor betina mulai berkembang biak, ia kemungkinan akan melahirkan hanya satu bayi setiap empat hingga enam tahun, dan hanya tiga atau empat sepanjang hidupnya. Rendahnya tingkat reproduksi ini membuat gorila sulit pulih dari penurunan populasi. Kedua spesies gorila telah berkurang jumlahnya selama beberapa dekade, dan laporan PBB 2010 menunjukkan bahwa mereka mungkin menghilang dari sebagian besar Cekungan Kongo pada pertengahan 2020-an.

Upaya konservasi oleh WWF, organisasi lain dan pemerintah membuat perbedaan untuk gorila. Kawasan lindung baru dirancang untuk beberapa populasi gorila, dan populasi gorila gunung telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.