GEDUNG SDN MENTENG 01 JAKARTA

SDN Menteng 01 Jakarta merupakan salah satu Sekolah Dasar Negeri yang berada di bawah Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta. SD Menteng 01 terletak di Jl. Besuki No. 4 RT 3 / RW 5 Menteng, Jakarta Pusat. Lokasinya yang berada di kawasan perumahan elite Menteng menjadikan sekolah ini banyak menerima siswa-siswi yang berasal dari keluarga pejabat maupun pengusaha ternama.

 

Awalnya sekolah ini didirikan oleh Carpentier Alting Stichting Nassau School (CAS) pada tahun 1934 dari Pemerintahan Kolonial Hindia Belanda dan khusus diperuntukkan bagi anak-anak Belanda dan kalangan bangsawan Indonesia. Bangunannya sendiri sangat kental dengan arsitektur khas kolonial Belanda.

 

Sekolah ini menjadi terkenal ke seluruh dunia ketika salah satu mantan siswanya, Barack Obama terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat pada tahun 2008. Obama memang pernah bersekolah di SDN Menteng 01 pada tahun 1969 hingga 1971 ketika dirinya tinggal bersama ibu kandung dan ayah angkatnya di Indonesia.

 

Hal yang menarik dari sekolah ini adalah adanya patung Obama sewaktu kecil yang disebut-sebut sebagai patung Barack Obama pertama di Indonesia. Patung tersebut merupakan sumbangan dari teman-teman Obama dengan harapan generasi muda Indonesia bisa terinspirasi oleh sosok Obama. Awalnya patung tersebut diresmikan dan ditempatkan di Taman Menteng pada tanggal 10 Desember 2009, namun atas saran dan masukan sejumlah pihak akhirnya dipindahkan ke SDN Menteng 01 pada awal Februari 2010. Pada dinding gerbang luar sekolah terdapat sebuah plakat berbahan perak bergambar Obama yang berisi keterangan dalam bahasa Inggris bahwa Obama pernah bersekolah di SDN Menteng 01.

 

Pada tanggal 1 Juli 2017, Obama bersama keluarganya datang mengunjungi sekolah ini dalam rangka kunjungannya selama berlibur di Indonesia pasca tidak lagi menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat. Dalam kunjungan tersebut, Obama bertemu beberapa teman sekelasnya dan mantan gurunya.