Gedung Pln Gambir, Bangunan Umum

Gedung bersejarah milik PT. PLN (Perusahaan Listrik Negara) ini terletak di Jl. Muhammad Ikhwan Ridwan Rais No. 1 Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Masyarakat mengenal gedung ini sebagai kantor PLN Gambir. Gedung ini dibangun oleh perusahaan swasta Belanda yang bergerak di bidang usaha listrik dan gas di Batavia, yakni Nederladsch Indie Gas Maatschappij (NV.NIGM) untuk kantor mereka sekitar tahun 1897. Gaya arsitektur yang digunakan merupakan perpaduan antara Art Nouveau, Art Deco dan Art & Craft.

Gedung ini memiliki tiga lantai, dimana pada lantai ketiganya merupakan akses menuju menara. Atapnya dari genteng, jendela dari kaca dan disekeliling bangunan dihiasai oleh untaian lampu beraneka warna. Pada bagian depan menara terpasang logo PLN dan disekeliling bangunan dihiasi jendela kaca yang ditutup oleh tirai kayu. Unsur kayu dan tembok bata memang cukup dominan pada gedung ini.

Gedung PLN Gambir saat ini masih terawat dengan baik dan difungsikan untuk pertemuan dan kegiatan internal PLN lainnya. Pada bagian belakang gedung bersejarah ini dibangun gedung perkantoran PLN yang lebih modern.