Gedung Mina Bahari Iv Kkp, Bangunan Khas

Gedung Mina Bahari IV adalah salah satu gedung perkantoran modern baru yang terdapat di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (KKP) yang berlokasi di Jl. Batu, Gambir, Jakarta Pusat. Gedung Mina Bahari IV diresmikan penggunaannya oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti pada hari Jumat 15 Januari 2016 dengan disaksikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak‎ RI, Yohana Susana Yembise dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat. 

Bentuk Gedung Mina Bahari IV terbilang unik karena menyerupai perahu layar dengan mengusung tema Bahtera Layar Terkembang. Gedung ini dirancang untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam bekerja dengan konsep green building. Gedung yang memiliki 16 lantai ini memiliki ruangan khusus Pusat Komando dan Pengendalian (Puskodal) yang dilengkapi layar-layar monitor untuk memantau dan mengawasi berbagai kegiatan di laut.

Selain Puskodal, gedung ini juga dilengkapi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk mengurus seluruh perizinan yang ada di KKP. Gedung ini telah mendapat  SLF (Sertifikasi Laik Fungsi) dari Pemprov DKI Jakarta dan sertifikasi Green Building Assosiate. Gedung Mina Bahari IV merupakan gedung kedua yang ramah lingkungan di DKI Jakarta, setelah gedung Kementerian PU dan Perumahan Rakyat RI.