Gedung Merah Putih Kpk, Bangunan Khas

Gedung Merah Putih merupakan gedung baru kantor KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) yang terletak di Jl. Kuningan Persada Kavling 4, Jakarta Selatan. Gedung ini hanya berjarak 500 meter dari gedung lama KPK yang terletak di Jl. H.R. Rasuna Said Kuningan, Jakarta Selatan. Gedung ini dinamakan sebagai gedung Merah Putih karena dinding bagian luarnya yang didominasi warna merah dan putih. Gedung Merah Putih dibangun untuk mendukung kinerja KPK yang membutuhkan lebih banyak ruangan dalam menjalankan tugasnya mengatasi dan mencegah korupsi di Indonesia.

Gedung Merah Putih KPK diresmikan pada hari Selasa, 29 Desember 2015 bertepatan dengan ulang tahun ke-12 KPK. Peresmiannya dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dan turut dihadiri oleh Presiden RI ke-3, B.J. Habibie dan Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono serta Wakil Presiden RI ke-9, Hamzah Haz.

Gedung ini mulai dibangun pada tahun 2013 dan pelaksanaan pembangunannya dilakukan oleh PT. Hutama Karya dan dirancang secara khusus menjadi gedung berkonsep smart, green dan secure building yang ramah lingkungan. Gedung ini terdiri dari 16 lantai dan dibangun di atas lahan seluas 8.663 meter persegi * hektare) dan luas bangunan 39.629 meter persegi. Terdapat dua basement serta lahan parkir yang dapat menampung sekitar 280 kendaraan. Pada bagian samping gedung turut dibangun rutan (rumah tahanan) khusus bagi koruptor dengan kapasitas untuk 50 orang.