GAMELAN TOPENG

Gamelan topeng adalah seperangkat alat musik yang biasa digunakan dalam lakon Topeng Betawi. Peralatannya adalah sebuah rebab, sepasang gendang-sebuah gendang besar dan sebuah kulantir-satu ancak kenong berpencong tiga, sebuah kecrek, sebuah kempul yang digantung pada sebuah gantungan, dan sebuah gong tahang atau gong angkong.

 

Perlu dijelaskan bahwa kenong berpencong tiga biasanya ditabuh oleh dua orang. Yang seorang menabuh kenongnya, disebut dengan istilah"ngenong", dan yang seorang lagi menabuhbagian pinggir, yaitu kencengnya, maka disebut "ngenceng".

 

Gamelan topeng rupanya merupakan penyederhanaan dari gamelan lengkap. Hal ini terjadi karena sebagai kesenian rakyat yang dilakukan dengan ngamen dari satu tempat ke tempat lain sangat repot untuk membawa seluruh peralatannya secara lengkap. Jadi, ada bagian peralatan yang ditinggalkan.

 

Dalam pertunjukan topeng gamelan ini memegang peran penting. Pemukulan kempul pertama menandai pertunjukan akan segera dimulai. Lalu, gesekan rebab tunggal yang disebut "arang-arangan" dimaksudkan untuk mengumpulkan panjal yang belum siap. Kemudian dilanjutkan dengan tetolu untuk menarik perhatian penonton yang dilakukan dengan ekstra keras. Setelah tetolu dilanjutkan dengan pertunjukan pendahuluan; berupa tari-tarian dengan iringan gamelan. Selanjutnya diikuti dengan pralakon yang dilakukan oleh seorang bodor. Sesudah itu baru dipergelarkan lakonnya. Pada setiap pergantian babak dilakukan pemukulan gamelan, untuk memberikan disentuasi pada gerakan serta jalan cerita.