Festival Wayang Indonesia (fwi) 2014, Festival

Festival Wayang Indonesia (FWI) merupakan perhelatan Akbar Wayang yang di gelar pada 13 hingga 15 Juni 2014, di Museum Wayang, Kawasan Kota Tua, Jakarta.

Festival ini digelar sejak tahun 2011, Diselenggarakan atas kerjasama Yayasan Total Indonesia bersama Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (Sena Wangi), Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Pusat dan Museum Wayang Jakarta. Wujud kerjasama ini dalam rangka mengembangkan, melestarikan, mempromosikan, dan membina seni budaya Tradisional maupun Modern kepada khalayak umum pada seluruh Nusantara bahkan Mancanegara.

Tema yang diusung adalah "Dengan FWI Kita Tingkatkan Kerukunan Bangsa". Dengan menampilkan beragam jenis wayang seperti wayang kulit, wayang orang, wayang golek dari berbagai daerah serta wayang yang ditampilkan dalang muda.

Pada perhelatan Akbar Wayang 2014 ini, juga menampilkan pertunjukan Wayang yang lebih modern, dengan permainan efek visual yang pada perhelatan sebelumnya tidak ada. Hal ini tampak pada  permainan video mapping dan akses video streaming serta radio streaming, sehingga dapat dinikmati penggemar Wayang dimanapun berada.

Inovasi pertunjukan ini diharapkan dapat menjadikan Wayang selalu dinamis sesuai perkembangan zaman. Wayang harus merebut masyarakat masa kini, maka harus mampu bersaing dengan berbagai jenis hiburan-hiburan modern saat ini. Namun demikian, meskipun berusaha beradaptasi dengan perkembangan zaman, cerita Wayang tidak akan keluar dari pakem yang sudah ada.

Selain itu, Festival ini juga di harapkan menjadi peluang dan kesempatan bagi para seniman Wayang untuk berkreatifitas dan menuangkan gagasannya dalam membangun karakter dan kemajuan bangsa Indonesia.